Ingin Panjang Umur, kurangi Duduk

Duduk lamaMengurangi waktu duduk dan lebih aktif bergerak membuat kita bugar dan memperpanjang usia karena DNA kita jadi lebih muda. Sudah sejak lama para ahli mewanti-wanti bahaya duduk terlalu lama. Makin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk, makin pendek panjang DNA yang disebut telomer.
Telomer berfungsi melindungi ujung kromosom. Seiring usia, telomer terus memendek hingga batas tertentu. Setelah maksimal telomer tidak bisa memendek lagi, maka sel akan mati. “Data kami menunjukkan memanjangkan telomer adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan,” kata Per Sjogren, pemimpin penelitian sekaligus profesor di Universitas Uppsala, Swedia.
Meski demikian, para peneliti berhati-hati terhadap kesimpulan penelitian ini karena skala penelitian kecil. “Telomer menarik banyak perhatian beberapa tahun terakhir. Alasannya, telomer terletak di ujung kromosom dan terbukti penting untuk replikasi DNA serta ketahanan sel.

 

Ketertarikan mengetahui telomer berdampak pada kesehatan dan usia panjang semakin tinggi,” ujar Sjorgren. Telomer mencegah kromosom saling terpisah atau menyatu sehingga merusak kode genetik yang dibawanya. Peneliti belum menemukan alasan pasti mengapa mengurangi posisi duduk dapat memperpanjang telomer. “Itu masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab,” katanya.
Dr David Katz, Direktur Pusat Riset Pencegahan Universitas Yale, mengatakan, “Telah dibuktikan sejak lama bahwa semakin lama kita duduk setiap harinya, semakin berkurang pula sisa hidup kita. Orang yang hidupnya aktif cenderung berusia lebih panjang,” katanya.
Menurut Katz, bukti kuat ini menunjukkan gaya hidup memengaruhi gen dan panjang telomer. “Studi ini melengkapi potongan informasi dengan menekankan bahwa terdapat hubungan antara pengurangan lama duduk dan pemanjangan telomer,” katanya. Studi tersebut mempelajari 49 orang berusia 60 tahun ke atas. (yan Tanuraga; http://health.kompas.com/read/2014/09/04/155140623/Ingin.Panjang.Umur.Kurangi.Waktu.Duduk)

2 Responses to Ingin Panjang Umur, kurangi Duduk

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Semakin berkembang ilmu pengetahuan mengenai kehidupan, semakin banyak dan luas kemungkinan untuk memperpanjang hidup ini. Syukurlah.

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Dimana sesuatu bergerak, maka akan terdapat suatu kehidupan.Upayakan setiap hari 10.000 langkah, demikian kata dr Basuki Rahmat Sp JP, RSU Prov Mataram, menasehati setiap pasien jantung nya yang dalam kondisi pemulihan.Ibaratnya mobil, dia akan menjadi rusak dan berkarat, bila didiamkan bertahun tahun. Tapi bila setiap hari dipakai, dibersihkan dan diopeni, maka akan lebih panjang umur, nasibnya dibandingkan dengan mobil yang dibiarkan ber tahun tahunyang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita