HAM yang sering dilanggar

diskriminasiJaminan HAM yang sering dilanggar oleh negara dan kelompok individu adalah jaminan HAM pada Pasal 28i ayat (2) “Setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapat perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu.”

 

Semua orang terlahir berbeda, punya kekurangan dan kelebihan. Dalam kehidupan sehari-hari, ada yang dianggap punya keistimewaan lebih dibanding yang lain, begitupun sebaliknya. Hal itu bisa menyebabkan sikap membedakan/ mengkastakan atau disebut diskriminasi.

 

Diskriminasi dapat terjadi pada minoritas oleh mayoritas. Diskriminasi ada beberapa macam diantaranya diskriminasi agama dan keyakinan, diskriminasi ideologi dan politik, diskriminasi adat , dan diskriminasi kesenjangan ekonomi kesenjangan sosial

 

Definisi diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu. Layanan dibuat berdasar karakteristik yang diwakili oleh individu itu. Diskriminasi merupakan kejadian yang dijumpai dalam masyarakat manusia, ini karena kecenderungan manusian untuk membedakan yang lain.

 

Contoh diskriminasi pertama saat menjalani kegiatan belajar mengajar di kelas, seorang guru lebih memperhatikan murid yang pandai ketimbang murid yang biasa-biasa. Bahkan, ada guru yang lebih memperhatikan murid perempuan ketimbang lelaki. Padahal semua murid berhak dan kewajiban yang sama yang harus dipenuhi.

 

Contoh kedua Di tempat perbelanjaan, kadang ada petugas / staff yang lebih dulu melayani calon pembeli yang kelihatan lebih “wah” ketimbang melayani yang berpenampilan biasa. Contoh ketiga Selain diskriminasi agama, kekerasan dan etnis, Kasus diskriminasi sering terjadi pada layanan kesehatan.

 

Banyak warga miskin yang tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan karena kekurangan biaya walau sesungguhnya mereka telah mempunyai kartu bebas bayar. Banyak alasan yang dikeluarkan oleh rumah sakit untuk menolak pasien kurang mampu.

 

Diskriminasi harus dihapuskan karena dapat mengakibatkan pengurangan bahkan penghilangan pelaksanaan HAM dan kebebasan dasar dalam kehidupan, individual dan kelompok dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya dan aspek kehidupan lainnya.

 

Bangsa Indonesia beragam pula. Agama, ras,dan suku. Saat diskriminasi terus berjamur di kehidupan bermasyarakat maka tidak mustahil akan terjadi perpecahan di masyarakat.

 

Ditegaskan pasal 281 ayat 2 UUD NKRI 1945 ”Setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apaun dan berhak mendapat perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu.” Disana jelas ditegaskan bahwa deskriminasi tidak dapat dibenarkan oleh alasan apapun

 

Mengurangi diskriminasi tidak semerta merta dan tidak mudah. Pertama harus ditanamkan sikap saling menghargai sesama warga negara Indonesia sejak dini. Dengan menghargai kita menerima kekurangan atau kelebihan seseorang. Untuk meminimalisir diskriminasi agama, perlu sikap toleransi antara umat beragama. Toleransi disini dalam artian menghargai keyakinan orang lain dan tidak menjustifikasi suatu pilihan keyakinan seseorang.

 

Untuk diskriminasi karena kesenjangan sosial maka pemerintah harus berupaya mengurangi kesenjangan sosial dengan meratakan pembangunan. Kesimpulannya sejak dini harus ditanamkan sikap saling menghargai-menghormati antar manusia. Menghargai hak-haknya karena sesungguhnya setiap manusia punya hak untuk mendapat perlakuan yang adil. (Octika Puspita; http://m.kompasiana.com/post/read/672490/3/pelanggaran-ham-di-dekat-kita.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita