Diabet dan daun insulin(1)

1-diabetesMengapa Tanaman Obat?

Tanaman obat  merupakan warisan budaya asli Indonesia. Tanaman yang dimanfaatkan mengobati penyakit berdasar pengalaman disebut jamu. Keunggulan Jamu (obat tradisional) : Harga terjangkau, formulasi bahan kimia lebih rendah, lebih aman digunakan, dan mengobati langsung ke akar penyakit.

 

Indonesia kaya tanaman obat dan salah satu tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit yaitu tanaman daun insulin (Tithonia diversifolia). Daunnya dijadikan jamu paitan (sangat pahit). Jamu paitan daun Tithonia ampuh mengobati penyakit DM. Kandungan zat dalam daun Tithonia dapat menurunkan kandungan gula darah. Karena kegunaan inilah tanaman ini dijuluki sebagai daun insulin.

Sekilas Diabetes Mellitus 

Penderita DM terus melonjak. Jumlahnya di Indonesia saat ini 8.000.000an orang dan merupakan peringkat ke-4 di dunia (data statistik WHO) setelah Cina, India, dan AS. Jika tidak ditangani serius diperkirakan 22.000.000 jiwa penduduk Indonesia akan mengidap DM tahun 2030.

 

DM bukan penyakit baru dan ada sejak 1552 SM. Nama diabetes mellitus diberikan oleh penulis bernama Aretaeu (200 SM). Diabetes artinya mengalir terus dan mellitus artinya manis sehingga lebih dikenal sebagai penyakit kencing maning.

 

Diabetes mellitus disebabkan adanya penurunan hormon insulin yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Penurunan hormon insulin mengakibatkan gula yang dikonsumsi tubuh tidak dapat diproses secara sempurna, sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Kadar gula darah normal yaitu <110 mg/dl sewaktu puasa atau <140 mg/dl 2 jam setelah makan. Dikatakan menderita penyakit apabila kadar gula darah >126 mg/dl  sewaktu puasa atau   >200 mg/dl setelah 2 jam makan.

 

Diabetes mellitus dibagi menjadi dua tipe yaitu DM tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah kondisi dimana hormon insulin yang dihasilkan kurang atau tidak ada sama sekali. Diabetes mellitus tipe 1 ditemukan pada mereka yang berusia muda dan merupakan bawaan genetik.

 

DM tipe 2 merupakan kondisi tubuh mampu menghasilkan hormon insulin tetapi reseptor terhadap hormon insulin tidak bekerja dengan baik. Diabetes mellitus tipe 2 ini kebanyakan diakibatkan karena obesitas, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Adapun ciri – ciri seseorang terkena diabetes mellitus yaitu:
1. Terjadi penurunan berat badan tanpa sebab
2. Frekuensi buang air kecil meningkat
3. Penglihatan kabur
3. Sering haus
4. Lesu dan kurang tenaga. Bersambung…………… Yong Sidharta; http://magentanita.blogspot.com/2013/09/pemanfaatan-tanaman-daun-insulin.html)

2 Responses to Diabet dan daun insulin(1)

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Daun Insulin, dan di NTB ada buah wawali, yang rasanya super pahit, itu memang cepat menurunkan gula darah.Ternyata semua yang ber rasa pahit, itu dapat berakibat manurunkan gula darah.
    Masalahnya, belum ada suatu penelitian efek sampingnya secara
    maesurable.Ada teman yang sudah lama memakai insulin, mewanti wanti, katanya diingatkan oleh dokter spesialis penyakit dalamnya, pengalaman pasien yang memakai herbal, banyak yang jatuh dalam kelainan ginjal. Jadi kesimpulannya seberapa toksik daun dan buah yang pahit ini mempengaruhi organ sekresi (yang mengeluarkan sisa bahan buangan/ sampah tubuh)
    Pesan saya silahkan memakai herbal, tapi perhatikan fungsi GINJAL (Lab Urine: protein(albumin), sel darah merah, sel darah putih, kristal, silender) Lab Darah BUN (Blood Ureum Nitrogen) dan Serum Kreatinin. Kami menghimbau untuk peneliti peneliti muda, memperhatikan obat herbal negeri ini, dan pengaruhnya jangka pendek, jangka panjang, dampaknya dlm tubuh kita

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Wawali ada yang manis yaitu kalau Wakil Walikota nya Wanita.

    Apa ini nama lokalnya Brotowali yang dipakai nyekoki saat perpeloncoan? Nenek saya memang menanam untuk diberikan pada yang diabetes.

    Kalau pemerintah sayang rakyatnya, ekspor saja sebagian besar gula, dan produk berbahan baku gula. Untuk pasar dalam negeri produk bergula dipajaki tinggi. Di Indonesia jadi mahal harganya. Yang makan gula jadi berkurang. Warung minuman pun mengurangi asupan gula pada jualannya.

    Pemakaian makanan bergula dan produk dari binatang serta rokok, memang sudah menjadi kesalahan budaya. Bagaimana menyadarkan orang yang sudah kecanduan narkoba jenis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita