Asam Urat?, Hindari Makanan Ini

Daging MerahAsam urat adalah jenis penyakit radang yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Keadaan tersebut dimana kadar asam urat meningkat. Nah, salah satu kunci dalam manajemen penyakit asam urat adalah menjaga asupan makanan. Makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh pasien asam urat. Berikut akan dijabarkan daftar makanan yang sebaiknya dihindari.

Daging Merah
Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, termasuk makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi asupan makanan yang kadar purinnya tinggi.

Ikan Sarden dan Mackerel
Walaupun tinggi protein, ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari.

Udang
Selain jenis ikan, pada umumnya makanan laut termasuk golongan makanan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa udang merupakan sumber makanan tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.

Sayur Bayam
Banyak orang berpikir bahwa sayuran adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Ya, memang benar. Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati, karena sayuran seperti asparagus, bayam memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Dan, yang penting adalah mengontrol jumlah asupan makanan yang mengandung purin agar tidak berlebih.

Tahu Tempe
Tahu dan tempe dikenal sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain murah, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein. Tapi, tahu tempe berbahan dasar kedelai yang merupakan sumber makanan yang tinggi purin.

Selain mengatur diet makanan, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala. Umumnya dengan kombinasi diet yang tepat dan obat resep dari dokter, kadar asam urat dalam darah akan terkontrol dengan baik.

Reviewed by dr. Adhiatma Gunawan

sumber : www.meetdoctor.com

4 Responses to Asam Urat?, Hindari Makanan Ini

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Untuk Penyakit karena kelainan metabolisme,yang menyebabkan kadar asam uratnya tinggidalam tubuh (disebut dengan Gout), Masih ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari
    Singkatanya JAS BBB (jerohan, Alkohol, Sarden, Bayam, Buncis dan Brokoli). Diluar itu masih ada Durian, Emping beserta daun mlinjonya, dan Jamur / jeast (yang mengandung ragi).
    Untuk isi laut yang boleh hanya Ikan. Selain itu (udang, kepiting, cumi, kerang) tinggi purin maupun cholesterolnya

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Loh yang dilarang, tetapi Bu Dokter bilang dihindari, yang enak enak. Nah yang ga biasa makan sederhana, apa adanya yang disajikan tentu semakin menderita. Pilih mana menderita karena makan yang enak enak mengandung ourin, atau menderita ga makan yang enak enak itu, bonusnya sehat masih bisa main basket diusia 70 seperti saya?
    Saya sampaikan ini sebagai rasa syukur pada ALLAH yang sudah memberi kesadaran untuk mengutamakan menjalani hidup sehat.

  • Asam urat larut dalam air. Bagi penderita As Urat, atau setelah makan makanan yg mengandung asam urat, minumlah air se-banyak2-nya. Dg demiikian asam uratnya akan larut dan akan dikeluarkan bersama urine. Semoga memperlengkap komentar diatas (kaldu daging – kuah rawon,soto daging, kacangan2, telor puyuh patut dihindari!)

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Wouw keren, lengkap sudah informasinya. Hari ini ada yang jual cumi. Hm mau beli apa ga ya? Kata pak Dharta kan ada air putih?
    Hmmm ini mau sehat, apa cuma ingin memuaskan nafsu kuliner, alias mulut, dan rasa enak. Jangan lupa pak Dharta, ada Allo Purinol juga yang bisa menghilangkan cepat kadar purin yang sudah kadung numpuk ditubuh gara? makan enak.Ahhh jadi galau nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita