Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Saker Bayram Di Negara Turki(2/4)

(idntimes.com)-2-Bajram dari Kosovo

Di Kosovo, hari raya Idul Fitri dikenal dengan nama Bajram. Di hari Barjam, penduduk Kosovo akan bangun lebih pagi dari biasanya.

 

Para pria pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat Eid sedangkan perempuan tinggal dirumah untuk menyiapkan makanan tradisional berupa Pite, Borek, dan berbagai dessert seperti Baklava dan puding nasi.

 

Sepulang salat, orang-orang akan keluar rumah dan berkeliling untuk saling memberikan ucapan selamat hari raya. Setelah satu jam, perayaan dilanjutkan dengan sarapan dan jamuan minum teh, kemudian ditutup dengan pergi mengunjungi keluarga dan merayakan Barjam bersama.

tradisi lebaran di indonesia

3-Lebaran di Indonesia

Hari Idul Fitri di Indonesia lebih dikenal dengan nama Lebaran. Sama seperti di Kosovo, orang Indonesia juga akan bangun lebih pagi atau tidak tidur karena Takbiran dan berkumpul di masjid atau lapangan besar untuk melaksanakan sholat Eid.

 

Yang unik, di Indonesia momen Lebaran juga dimanfaatkan sebagai momen untuk saling memaafkan. Para keluarga akan saling mengunjungi tetangga untuk mengucapkan selamat hari raya sekaligus untuk meminta maaf atas kesalahan yang pernah dibuat.

 

Orang-orang akan memakai pakaian baru, sementara anak-anak akan berkeliling untuk mendapatkan uang lebaran. Terakhir, momen lebaran juga dimanfaatkan untuk berkumpul bersama seluruh keluarga besar dan menikmati ketupat, rendang, opor ayam dan beragam kue kering.

 

(Siti Marliah;  Bahan  dari :  https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/lia-89/7-tradisi-unik-perayaan-idul-fitri-di-berbagai-negara-c1c2)-FatchurR * Bersambung……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita