logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tempe Raksasa Ruwat Desa yang Unik

Tempe Raksasa Ruwat Desa yang Unik(seputarjawatimur.com)- Acara sedekah bumi atau ruwat desa, yang berada di Desa Sedengan Wijen Kec-Krian Sidoarjo berjalan meriah. Disini terlihat, banyaknya warga desa yang ikut acara ini (27/04/18). Ruwat Desa kali ini, berbeda dengan tahun sebelumnya.

 

Tahun ini, ruwat Desa Sedengan Wijen menyuguhkan berbagai jenis tumpeng. Dan yang menarik dan unik adalah, suguhan tumpeng tempe raksasa. “Tumpeng tempe ini hasil karya pengrajin tempe, Proses pengerjaannya butuh ± 1 Minggu” kata Sulis (32) salah satu warga desa yang juga pengrajin tempe.

 

Selain itu, acara ini dihadiri pejabat pemkab Sidoarjo, diantaranya Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo, KadisPar Sidoarjo, Kapolsek serta Camat se-Kabupaten Sidoarjo.

 

Sedekah bumi atau ruwat desa, bentuk ungkapan rasa syukur warga desa, dan juga budaya desa yang turun temurun sejak dulu. Desa Sedengan Wijen sudah melaksanakannya dengan menyuguhkan tumpeng tempe raksasa. “Pemdes mengeluarkan anggaran Rp 35 juta dari APBDES, sisanya hasil swadaya warga” tutur Kades Sedengan Wijen M. Hasanuddin.

 

Tumpeng tempe raksasa ini hasil UKM warga desa. Ada 36 warga yang menjadi pengrajin tempe, dan itu berjalan 10 tahun. “Untuk pembuatannya, kami menggunakan 100 batang bambu dan 1 ton tempe dengan ketinggian 11 Meter” imbuhnya.

 

Di waktu yang sama, Camat Krian Agustin Iriani mengatakan, pihaknya selalu mendukung mewujudkan ide2 kreatif warga. Dari kegiatan ini, ada 2 hal yang diwujudkan yakni dari sisi sosial wujud dari rasa syukur, kegotongroyongan dan pemersatu masyarakat. Dari sisi religius, agar seluruh warga Desa Sedengan Wijen jadi warga yang Baldatun Thayyibatun Wa Robbun Ghofur.

 

Desa Sedengan Wijen juga punya sisi ekonomi. Banyak masyarakatnya jadi pengrajin tempe dan olahan tempe. “Ada 198 UKM di Kecamatan Krian ini, penggerak ekonomi kreatif Kecamatan” ucap Agustin.

 

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menyampaikan, Pemkab Sidoarjo mengapresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan sedekah bumi ini. Ini ide yang bagus dan selalu kami dukung. “Kegiatan ini bisa menjadi destinasi wisata yang baru di Sidoarjo, apabila nantinya dikelola dengan baik” jelasnya.

 

Diakhir acara, tumpeng2 yang tersedia menjadi rebutan warga desa yang hadir. Semoga di tahun mendatang, Desa Sedengan Wijen bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memajukan desa.  (Editor, DNI; Bahan dari :   https://seputarjawatimur.com/tumpeng-tempe-raksasa-ruwat-desa-yang-unik-dan-menarik/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita