logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sensasi Unik Makan Di Ruangan Gelap

Sensasi Unik Makan Di Ruangan Gelap (lifestyle.okezone.com)-SEPERTI apa rasanya makan di ruangan gelap gulita? ANTARA diajak mengintip dunia penyandang tuna netra lewat secuplik pengalaman “Dining in the Dark” yang diadakan 3/12/18  di Fairmont Jakarta.

 

Rombongan dibagi 4 orang per kelompok, masing2 dipandu penyandang tuna netra dari organisasi nirlaba Yayasan Mitra Netra. Mereka dilatih khusus dari Fairmont Jakarta agar bisa memandu tamu.

 

“Sekarang kita main kereta2an ya,” kata Lia, pemandu kelompok, mengarahkan orang2 berbaris sambil pegang bahu orang di depannya. Berjalan pelan agar tidak tersandung atau menabrak barang2, kami masuk ke ruangan gelap gulita.

 

 Setiap orang diantarkan ke tempat duduk masing2. Indera peraba jadi andalan untuk bisa tahulokasi kursi masing2. Perempuan yang kehilangan kemampuan melihat akibat masalah syaraf itu menjelaskan peralatan makan yang ada di hadapan tiap tamu secara rinci, termasuk letaknya.

 

Pada 3/12/18 tiap tamu bisa menikmati 12 course set menu khusus dipersiapkan oleh tim chef Fairmont Jakarta. Kali ini, hanya 4 jenis makanan di mangkuk kecil terpisah yang bisa dinikmati. Semua ditata di meja makan. Empat mangkuk itu diletakkan di atas tatakan kotak, diapit sendok di kanan dan garpu di kiri. Selagi pemandu menjelaskan, tamu me-raba2 peralatan makan.

 

Semua menu dirahasiakan agar tamu bisa asyik me-nebak2. “Disarankan makannya dari mangkok kiri atas, lalu lanjut searah jarum jam” ujar Lia. Mangkuk pertama berisi seafood yang atasnya dihiasi daun ketumbar. Aroma dan rasa ketumbar menyeruak di lidah, berpadu bumbu asam manis. Porsinya tidak besar, cukup untuk 2-3 kali suap.

 

Mangkuk ke-2 juga makanan laut yang tak kalah lezat, mangkuk ke-3 diisi potongan steak daging sapi yang gurih dan lembut. Terakhir, cokelat manis dan lezat sebagai penutup. Yang jadi tantangan adalah soal minuman. Ada gelas dan botol minum yang disediakan untuk tiap tamu dan harus menuangnya sendiri tanpa bantuan.

 

Ada kiat agar air tidak tumpah ketika dituangkan ke gelas. Masukkan jari di bibir gelas, bila jari terasa basah, berarti gelas hampir terisi penuh. Menikmati makanan dalam kondisi gelap gulita membuat indera lain di luar penglihatan jadi bekerja lebih peka dari biasa.

 

Mata yang biasa terdistraksi kini diajak beristirahat. Empat indera lain fokus menikmati proses makan, entah menikmati aroma atau merasakan tekstur makanan. Semua tanpa ada distraksi. “Di Dining in the Dark” di Ballroom Fairmont Jakarta dengan biaya Rp2,5 juta per orang.

 

Dana yang terkumpul akan didonasikan ke Yayasan Mitra Netra mendukung kegiatan pemberdayaan  tuna netra, AccorHotels CSR program A Tree for A Child yang menyediakan rumah penampungan anak di bawah umur di Jakarta dan Bali. (dno; Bahan dari : ANTARA dan https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/27/298/1983637/menjajal-sensasi-unik-makan-di-ruangan-gelap-gulita)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita