logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Profesi ini terancam Punah diganti Mesin(2/2)

resepsionis(tekno.kompas.com)- 3-Resepsionis

Tugas menerima panggilan telepon, biasanya dilakukan resepsionis kini mulai dikerjakan mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang terkenal : Virtual receptionist. Di negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis sudah tergantikan robot sungguhan.

 

4-Operator telepon

Sama seperti resepsionis, tugas penerima panggilan dari konsumen sudah mulai tergantikan mesin penjawab otomatis.

 

5-Tukang pos

Peran surat berbentuk fisik kini tergantikan oleh e-mail atau surat elektronik. Selain lebih hemat, tidak menggunakan prangko, kertas, dsb, e-mail dapat terkirim hanya dalam hitungan detik saja.

 

6-Agen perjalanan (travel agent)

Beberapa tahun lalu, konsumen harus ke agen perjalanan bila ingin pesan tiket pesawat. Namun, kini konsumen dapat melakukan melalui situs maskapai yang ingin digunakan. Selain lebih praktis, konsumen dapat memilah sendiri, tiket mana yang paling murah.

 

7-Juru ketik

Peran juru ketik untuk masa depan diprediksi akan tergantikan oleh mesin atau software pengenal suara. Saat ini, para ahli dan perusahaan teknologi raksasa terus mengembangkan dan menyempurnakan sistem tersebut.

 

8-Reporter

Dengan meningkatnya layanan blog dan media online, profesi reporter media cetak atau koran diprediksi terus menurun. Perangkat lunak kini mulai digunakan untuk menulis artikel. Contoh, The New York Times menggunakan teknologi situs web semantik untuk membuat pengumuman pernikahan.

 

Alih-alih reporter menulis berita pernikahan, pembaca dapat memasukkan informasi sendiri melalui dunia maya, seperti informasi pengantin, pekerjaan, dan banyak lagi. Info itu akan diatur sedemikian rupa oleh perangkat lunak untuk dijadikan artikel pengumuman pernikahan.

 

9-Penginput data (data entry)

Peran pekerjaan ini dapat digantikan oleh software pengenal suara, sama seperti juru ketik.

 

10-Telemarketer
Tidak berbeda dari resepsionis, peran telemarketer juga bisa digantikan sistem mesin penjawab otomatis. (Yong Sidharta-A61; sumber dari Deliusno; Bahan dari : https://tekno.kompas.com/read/2014/01/29/1727369/10.Profesi.yang.Terancam.Punah.Digantikan.Mesin)-FatchurR * Tamat…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita