logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pemuda yang melawan Begal di Bekasi raih penghargaan

Pemuda yang melawan Begal di Bekasi raih penghargaan(kumparan.com)- Polrestro Bekasi Kota memberi penghargaan ke Muhammad Irfan dan Ahmad Rofiq atas keberanian keduanya melawan Begal. Keduanya melawan begal yang menyerangnya di jembatan Summarecon, Bekasi.

 

“Barusan kita saksikan penerimaan penghargaan pada warga masyarakat Muhammad Irfan dan Rofiq, dua2nya (19) tapi punya nyali dan kemampuan menggagalkan perampokan, tepuk tangan untuk mereka berdua,” kata Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto usai memberi penghargaan (31/5)

 

Indarto memastikan keduanya bebas dari segala tuntutan hukum. Tindakan keduanya melawan begal hingga penjahat itu tewas dinilai sebagai bagian dari bela diri sehingga tidak dijatuhi hukuman apa pun.

 

“Paling pentingnya, punya nyali dan kemampuan. Dia berani menggagalkan perampokan yang kalau dia tidak lakukan itu dia akan dilukai lebih parah atau bisa meninggal dunia karena itu jatuhnya bela paksa. Dan bela paksa itu dibenarkan oleh KUHP Pasal 49 Ayat 1 dan tidak dapat dipidana. Untuk itu kita berikan apresiasi kepada beliau,” jelas dia.

 

Pasal 49 Ayat 1 KUHP berbunyi:

Tidak dipidana, barang siapa melakukan perbuatan pembelaan terpaksa untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, kehormatan kesusilaan atau harta benda sendiri maupun orang lain, karena ada serangan atau ancaman serangan yang sangat dekat pada saat itu yang melawan hukum.

Indarto berharap keberanian Irfan dan Rofiq jadi contoh untuk semua terutama anggota kepolisian yang bertugas. Tapi, tetap harus memperhatikan situasi yang dihadapi.

 

“Tetapi, yang perlu kita perhatikan juga jikalau tidak punya kemampuan untuk melawan, musuh terlalu banyak, itu mending hartanya dikasihkan. Karena kalau dia dengan kekuatan yang tidak seimbang dia melawan, itu akan meningkatkan intensitas juga,” imbuh dia.

 

Peran serta masyarakat dalam melawan kejahatan seperti yang dilakukan kedua pemuda ini sangat membantu tugas kepolisian. Sudah saatnya, polisi tak perlu ragu melawan penjahat karena warganya sudah sangat berani.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Mas Irfan, Mas Rofiq, Anda membuat suatu hal yang spektakuler dan itu membuat inspirasi bagi kami semua khususnya warga Bekasi dan Kepolisian Metro Bekasi Kota. Mudah-mudahan Anda berdua cepat sehat dan salam hormat kepada keluarga,” ucap dia.

 

Percobaan pembegalan pada Irfan dan Rofiq terjadi pada (23/5) malam saat keduanya nongkrong di pinggir jalan layang Summarecon, Bekasi. Mereka didatangi Aric Saipulloh dan Indra yang bermaksud membegal mereka dengan senjata celurit.

 

Irfan melawan dengan merebut celurit Aric lalu menyabetkan ke Aric hingga luka-luka. Aric dan Indra kemudian kabur dan pergi ke rumah sakit. Tapi nyawa Aric tak terselamatkan. (Bahan dari : https://kumparan.com/@kumparannews/tak-jadi-tersangka-pemuda-yang-lawan-begal-di-bekasi-raih-penghargaan )-FatchurR *

 

Catatan : Bagaimana jika kita menghadapi keadaan semacam itu. Berani tah ? (FR)

One Response to Pemuda yang melawan Begal di Bekasi raih penghargaan

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Apresiasi dan salut buat POLRI yg dg tanggapannya, kan ini termasuk pembelaan semesta rakyat berdaulat memerangi kejahatan jalanan. Satu penjahat bisa lukai banyak org juga bisa terjadi buat korban, sedang penjahat tdk berkontribusi apapun thd ngr, korbannya mungkin pembayar pajak potensial jg kepala keluarga yg bertanggung jawab, bisa dinilai keluarga yg ditinggalkan otomatis bakal hadapi kesulitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita