logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pelajar Lamongan berinovasi agar Tomat tidak membusuk

Siswa kalau didorong untuk meneliti dan difasilitasi serta dibimbing, maka banyak yang menghasilkan temuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Diantaranya sepeti yang dilansir detik.com ini salah satu prestasi mereka.

 

Daun kersen yang tumbuh di semua tempat, menyimpan manfaat. Pelajar di Lamongan memanfaatkan daun kersen sebagai bahan pengawet buah tomat yang dikenal gampang membusuk dan berjamur.

Mereka yang berinovasi : Ahmad Shofiyul Labib, Safira Firda Machsun dan Poppy Rizki Khrisna Arditya. Mereka kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan. Dari daun kersen, mereka menyabet juara 1 lomba karya tulis ilmiah nasional, BISTIC III 2018 yang digelar perguruan tinggi di Malang.

Poppy mengaku, penelitian tentang fungsi dari daun kersen ini menghambat pertumbuhan jamur dan meningkatkan mutu komoditas tomat pasca panen. “Yang mereka lakukan penelitian dan pengujian kandungan daun kersen yang dapat dijadikan fungisida organik,” kata Poppy ke detikcom di MAN 1 Lamongan, Jalan Veteran (24/1/18).

Proses pembuatan fungisida berbahan daun kersen ini mudah. Daun kersen yang jumlahnya dirasa cukup, dicuci bersih dan dikeringkan pakai microwave. “Setelah kering diberi zat tertentu lanjut diblender hingga halus dan ekstrak daun kersen inipun siap digunakan,” jelas Poppy.

Hasil olahan itu lantas dikemas apik. Dia harap, ke depannya produk yang disebut dengan Fraction ini menjadi solusi bagi petani tomat khususnya dan petani lain untuk meningkatkan mutu dan kualitas hasil tomat sehingga hasil produksinya lebih baik dan banyak.

“Kami ingin memberi pengetahuan pada masyarakat, daun yang kita anggap pengotor lingkungan ini memiliki manfaat yang besar,” paparnya. Guru pembina para pelajar ini, Siti Kholifah mengatakan, penelitian dari anak didiknya baru pada buah tomat.

“Kami akan membimbing siswa2 ini agar bisa melanjutkan penelitian2 lain” kata Siti. (fat/fat; Eko Sudjarwo)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3831154/ini-inovasi-pelajar-lamongan-agar-tomat-tak-cepat-membusuk)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita