logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

(Motor- Mengintip Sejarahnya(2/4)

Masih tentang Motor, apa yang terpikir oleh anda tentang Vespa dan Honda? Yang pasti sahabat kita adalah Dealer Motor Honda Harapan Utama-MT Haryono Balikpapan. Tapi yuk ikuti terus sajian dari kompasiana.com berikut ini :

 

Vespa Si Lebah Besi

Pada akhir perang dunia kedua, saat perekonomian Italia krisis terpuruk, seorang berkebangsaan Italia, Enrico Piaggio, ambil alih perusahaan ayahnya Rinaldi Paggio yang awalnya memproduksi peralatan kapal, KA lalu beralih ke pesawat terbang, memutarhaluan mendisain alat transportasi murah.

 

Terilhami teknologi pesawat terbang, berbody alumunium layaknya pesawat terbang dan diadaptasi dari roda pesawatnya, dibantu Corradino D’Ascanio Enrico, konstruksi suspensi mono shock memudahkan alat transportasi 150 cc ini saat penggantian ban.

 

Pada (1945) vespa pertama kali diciptakan. Sedang namanya diambil dari kata ‘west’ yang artinya binatang penyengat atau lebah. Sepintas, kalo dilihat dari atas, konstruksi vespa memang menyerupai binatang ini.

 

Honda

Soichiro Honda lahir 17/11/1906 di Hamamatsu, Shizuoko, Jepang industrialis tak bergelar (DO dari kuliah) yang terus gagal pada awal karirya. Tahun 1922 saat usianya (15) ia kerja di bengkel Hart Shokai company. Berbekal pengalaman membantu pada bisnis ayahnya sebagai reparasi sepeda, Honda muda  cekatan dan berprestasi di bengkel barunya.

 

Dia penggagas roda2 dari logam pada mobil yang awalnya kayu. Pada (1937) Honda mematenkan karyanya dan telah diekspor ke seluruh dunia. Honda membuka Industri berat sendiri yang diberi nama Tokai Seiki Heavy Industri. Bengkel ini membuat piranti ring piston. Karena tidak memenuhi standard, piranti itu ditolak pihak Toyota.

 

Dari kegagalan itu, Honda kuliah lagi untuk cari ilmu dalam penyempurnaan ciptaan pirantinya. Berkat kegigihannya dan perkembangan ilmu yang dimilikinya, Toyota menerima pirantinya. Gempa bumi dan pemboman Hiroshima menyebabkan pabriknya hancur. Honda merintis usaha kembali sampai (1947) menjadi titik balik keberhasilan Honda.

 

Honda mendirikan pabrik, yang pada sepeda dia pasangi motor kecil. Motor ini diminati tetangganya. Dan dengan strategi pemasaran yang baik dan cerdas, motor ciptaannya ini mampu bersaing secara ekspor dengan Harley Davidson dan Triumph.

 

Bahkan di Indonesia sendiri, motor keluaran Honda memiliki market sendiri dan paling atas pada jenis kendaraan roda dua. Pada tahun 1991 Soichiro Honda meninggal. (Iit Supriyatin)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.kompasiana.com/luvhly-iit/motor-tokoh-sejarah-perkembangannya_55004569a333113772510418)-FatchurR

One Response to (Motor- Mengintip Sejarahnya(2/4)

  • Harry Reksosanudra says:

    Scoter Piagio Vespa kala pertama keluar harganya mahal buat ukuran ndeso, tapi Honda cs kala itu jenis rapuh yg kurang diminati. Tapi beberapa th kemudian produk Nippon mulai dilirik, sebab upaya penyempurnaannya sdh memadai tapi yg penting harga amat terjangkau drpd merk dunia Barat/Eropah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita