logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengenal Kutná Hora : Perak dan Kapel Tengkorak(1/3)

Kutná Hora-Perak dan Kapel Tengkorak-1(jsemdyahmeita.wordpress.com)- Kutná Hora adalah kota di negara Ceko yang dalam sejarah terkenal sebagai kota yang kaya dan religious. Kota ini dulunya sebuah tambang penghasil perak terbesar dan terbaik mutunya. Kota ber-topografi pegunungan ini di sebelah timur kota Praha berjarak 80 km.

 

Selama abad ke 13 – 16 Kutná Hora berkompetisi dengan Praha dari segi ekonomi, budaya dan politik. Awal berdirinya Kutná Hora karena datangnya biarawan yang mendirikan biara dan menetap di abad ke 12. Komplek biara itu utuh berdiri hingga kini (dekat Church of Our Lady), namun ditutup dan dialih fungsikan sebagai pabrik tembakau (the National Tobacco Factory) sejak abad ke 19.

 

Meski masa kejayaannya pudar, kota ini tetap melestarikan bangunan2 bersejarah yang megah dan menawan. Bangunan yang terletak 5 menit berjalan kaki dari stasiun kereta ini bergaya aksitektur campuran Ghotic dan Baroque Ghotic karena awal mulanya dibangun bergaya Ghotic (abad ke 14) dan bangunan gereja yang menua direkonstruksi bergaya Baroque Ghotic (abad ke 18).

 

Design bagian interior nya simple dibanding gereja bersejarah lain di Ceko, namun bentuk tangganya rumit yaitu mengular ke atas seperti rumah siput dengan simetris dan rapi. Gereja ini masuk dalam list warisan budaya dunia UNESCO karena salah satu bangunan bergaya Baroque Ghotic tertua yang  tersisa.

 

Black Death memorial, 5 menit jalan kaki dari church of Our Lady, untuk mengenang korban2 wabah mematikan besar2an menyerang benua Eropa, diantaranya penduduk Kutná Hora, (abad ke 14). Wabah ini membunuh ratusan juta orang dalam waktu 10 tahun. Diduga wabah ini berasal dari bakteri yang terbawa sejenis serangga bersayap asal China dengan perpindahan melalui perdagangan jalur sutra.

 

Cemetery church of All Saints di Sedlec Ossuary atau Bone Chapel ini area pemakaman yang terkenal dan diminati masyarakat seantero Eropa Tengah. Penyebabnya tanah di pemakaman ini dicampur dengan tanah asal Holy Land yang dibawa utusan Raja Bohemia sekembalinya beliau dari Jerussalem (abad ke 13).

 

Orang2 percaya jika jasad mereka saat meninggal dikuburkan disini, maka mereka akan menjadi orang2 suci. Diperkirakan ratusan ribu jasad yang berasala dari kawasan Eropa Tengah telah dikuburkan disini, termasuk yang telah dipindahkan ke chapel.   (Dyah; Bahan dari :  Info lebih lengkap dapat dilihat di laman website nya di http://discover-prague.com/.https://jsemdyahmeita.wordpress.com/2016/09/23/kutna-hora/)-FatchurR

 

Acknowledgement : Terima kasih ke tour guide kami, Petra, segala informasinya. Bersambung………..

One Response to Mengenal Kutná Hora : Perak dan Kapel Tengkorak(1/3)

  • Harry Reksosamudro says:

    Biasanya areal tambang dijaman dulu akan terbentuk jd kota krn komunitas petambang memerlukan tempat utk tinggal. Spt Kutma Hora daerah tambang perak, akhirnya menjadi kota dg kemegahan arsitektur Ghotic yg dilestarikan sp skrg. Lain dg kota Sedlec Qssuary atau Bone Chapel, terbentuk krn pengaruh spiritual atas sejarah lahannya sbgmn disebut diatas, akhirnya terbenruk jadi kota, krn org Eropa berduit menginginkan jasadnya dikubur disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita