logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Membangun Apartemen Ikan di Pulau Gosong

Membangun Apartemen Ikan di Pulau Gosong (cnnindonesia.com/gaya-hidup)- Jakarta, Penyelam2 membangun dan memasang 4 “apartemen” di dasar laut Pulau Gosong, Kecamatan Susoh, Kab-Aceh Barat Daya, diperuntukkan tempat berkembang biaknya anak ikan yang baru menetas.

Seorang penyelam yang tergabung dalam organisasi Pusong Diving Club (PDC), Iptu Rizal Firmansyah di Blangpidie, mengatakan, apartemen ikan ini berupa terumbu karang buatan terbuat dari pipa paralon berdiameter tiga inci. Pipa itu dirakit jadi kerangka ukuran 2×3 meter dibenamkan di perairan Pulau Gosong.
Apartemen itu diharapkan jadi rumah baru bagi ikan setelah terumbu karang di perairan Pulau Gosong rusak. “Selama ini nelayan harus berlayar 10 mil untuk bisa mendapat ikan. Apartemen ini berfungsi sebagai magnet kedatangan ikan, agar ikan kembali berhabitat tak jauh dari sini,” kata Rizal.

Kegiatan membangun apartemen ikan ini dapat dukungan dari kelompok nelayan di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Ujong Serangga. Seorang nelayan, Darwis Ibrahim, membenarkan pernyataan Rizki dan menjelaskan pelayaran jauh demi mendapat ikan berbahaya, pasalnya kelompok nelayan hanya bermodalkan perahu bermesin sederhana.

“Sekarang ikan berkurang dekat pantai. Penyebabnya terumbu karang sudah banyak yang rusak akibat maraknya aktivitas penangkapan ikan yang dilakukan nelayan asing pada 20 tahun silam,” ujar Darwis. Darwis ingat, ketika itu nelayan asing menggunakan bom untuk menangkap ikan. Akibatnya terumbu karang yang menjadi rumah ikan ikut hancur.

Rusaknya terumbu karang di alam bawah laut Abdya tak hanya disebabkan nelayan asing. Terkadang ada juga nelayan lokal yang nakal karena menangkap ikan dengan menggunakan pukat traw (menarik jaring lebar) dan racun potasium.

“Kalau potasium itu disemprotkan ke terumbu karang, gunanya menggiring lobster keluar. Jadi, lama-kelamaan terumbu karang jadi rapuh, hancur dan rusak,” pungkas Darwis. (ard; Bahan dari :    Antara dan https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180411153733-269-290072/membangun-apartemen-ikan-di-pulau-gosong)-FatchurR

One Response to Membangun Apartemen Ikan di Pulau Gosong

  • Harry Reksosamudro says:

    Begitulah keserakahan sesaat yg hancurkan habitat ikan, yg butuh waktu lama menumbuhkan terumbu karang, akibat perburuan ikan jg terumbu karang yg banyak dibutuhkan aquarium laut di rmh2 warga maupun export.
    Kesadaran yg terlambat, pdhal diluar ngri, sdh sejak dulu ada aturan atas lingkungan hidup dilaut/didarat/udara, bgtlah kondisi kesemerawutan diakibatkan para koruptor yg melemahkan ekonomi rakyat maupun kemampuan Pemerintah jadi tidak berdaya akibat bgt merajalelanya gurita koruptor mencengkeram ngri ini dr segala lini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita