logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Legenda Asal Mula Pulau Tobelo(2/2)

keindahan pulau tobelo(dongengceritarakyat.com)-Seperti tidak menyimpan dendam dan kemarahan, Gajadean berbincang-akrab dengan Sultan Jafar Nuh setibanya ia di Kesultanan Ternate. Setelah penyerahan upeti itu selesai, Gajadean beserta rombongan Tobelo kembali ke Tobelo.

 

Sepeninggal Gajadean, Sultan Jafar Nuh memerintahkan prajurit2nya membuka upeti dari Tobelo sebelum disimpan di lumbung kerajaan. Betapa terperanjatnya Sultan mendapati isi guci2 besar itu. Seketika itu kemarahannya meluap. Ia merasa kehormatannya selaku sultan dilecehkan adik iparnya.

 

“Ini penghinaan” seru Sultan Jafar Nuh dengan kemarahan meninggi. “Gajadean dan rakyat Tobelo telah meruntuhkan kehormatanku dan Kesultanan Ternate. Penghinaan dan pelecehan kehormatan ini harus dibalas. Kita gempur Tobelo untuk menunjukkan kehormatan dan kewibawaan Kesultanan Ternate!”

 

Peperangan antara Kesultanan Ternate dan Tobelo pecah, dan sengit. Seiring berlalunya sang waktu, semakin sengit peperangan itu. Dengan mengerahkan siasat dan strategi perang tertentu, akhirnya Kesultanan Ternate dapat mengalahkan kekuatan Tobelo pendukung Sultan Gajadean.

 

Setelah kalah, kekuatan Tobelo entang-perenang. Sebagian mereka berlari ke hutan menyelamatkan diri. Sebagian yang lain bersembunyi di bukit dan gunung untuk menghindari serangan prajurit2 Kesultanan Ternate. Sultan Gajadean turut mengungsi.

 

Entah mengungsi ke mana adik ipar Sultan Jafar Nuh itu hingga keluarga dan prajurit2 Tobelo kemudian yang berusaha mencarinya tidak menemukannya. Berbagai usaha telah dilakukan, namun keberadaan Sultan Gajadean tidak ditemukan.

 

Kapitan Metalomo dan Kapitan Malimadubo menggalang kekuatan. Keduanya berniat menegakkan pemerintahan di Tobelo. Karena keberadaan Sultan Gajadean tak diketemukan, keduanya memimpin sementara pemerintahan Tobelo. Hingga mereka semua kembali ke Tobelo setelah kekuatan prajurit Kesultanan Temate kembali pulang.

 

Sultan Gajadean tak ditemukan dan tidak kembali. Kapitan Metalomo dan Kapitan Malirnadubo beserta rakyat Tobelo bersepakat menentukan sultan baru pengganti Sultan Gajadean. Mereka sepakat menunjuk Kobubu, anak lelaki Sultan Gajadean, jadi sultan Tobelo yang baru. Keadaan di Tobelo  berangsur membaik setelah Kobubu menjalankan pemerintahannya.

 

Syandan pada suatu hari, Mama Ua, anak perempuan Sultan Gajadean, pergi ke pantai dengan diiringi dayang2 dan prajurit2 pengawal. Setibanya di pantai, Mama Ua melantunkan sajak:

 

Papa Ua nyao deo; Kabunga manyare-nyare; Toma buku molitebu

(Orang yang tidak berkeluarga, seperti ikan di tepi pantai, di pinggir pantai di kaki gunung)

Keajaiban terjadi setelah Mama Ua mengakhiri sajaknya. Mendadak muncullah gugusan pulau di depan wilayah Tobelo. Pulau2 itu membentang dari wilayah Mede hingga di depan wilayah Tobelo.

 

Pesan Moral dari Asal Mula Pulau2 di Tobelo, Suatu masalah hendaklah diselidiki baik2 dan dicarikan jalan keluarnya secara baik2. Kecerobohan memutuskan sesuatu, menyebabkan muncul masalah baru yang jauh lebih besar dampak buruknya. (Bahan dari :  https://dongengceritarakyat.com/kumpulan-cerita-rakyat-legenda-nusantara-terpopuler/)-FatchurR * Tamat…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita