logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia(3/3)

kutukan juara bertahan piala dunia(kumparan.com)- Nasib serupa dialami Jerman di Rusia tahun-2018. Bila dirangkum, Loew melakukan perjudian taktik. Yang jadi masalah, perjudian ini berujung buntung. Mulai dari kiper hingga gelandang lini serang, Loew menjatuhkan pilihan yang salah.

 

Itu belum ditambah atmosfer tim yang pada akhirnya membikin talenta-talenta muda yang seharusnya layak dibawa menjadi tertolak.

 

Pembicaraan mengenai kutukan dan mitos2 sejenisnya begitu menggoda. Apa boleh buat, karena pada dasarnya sepak bola juga karib dengan perkara2 ajaib dan tak masuk akal. Namun, mitos tidak pernah punya urusan dengan akurasi. Ia ada untuk merangkum kompleksitas ke dalam bentuk yang paling sederhana, yang paling mudah untuk dimengerti.

 

Mitos menjadi masalah ketika ia ditelan bulat2, diterima begitu saja tanpa mendedah peristiwa kompleks apa yang sebenarnya dirangkum dalam kisah-kisah itu. Keberadaan mitos ada supaya satu peristiwa dapat tetap hidup dan diingat.

 

Bila mitos tadi menyoal peristiwa buruk, maka ingatan tentangnya akan membuat satu pihak bertindak dini supaya tak diganjar peristiwa serupa.

 

Begitu pula dengan kegagalan para juara bertahan di Piala Dunia. Jerman gagal di Piala Dunia 2018 bukan karena kutukan, tapi karena setumpuk masalah yang pada kenyataannya tidak berhasil mereka selesaikan sebelum pertandingan digelar.

 

Artinya, selama masalah2 itu tak bisa dirampungkan, selama itu pula Jerman tak pantas melangkah jauh di Piala Dunia, persis seperti omongan Loew. (Editorial Team; Bahan dari : https://kumparan.com/@kumparanbola/di-balik-kutukan-juara-bertahan-piala-dunia?utm_source=LINE&utm_medium=Aggregator)-FatchurR * Tamat………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita