Jonan naik Vespa dan membersihkan Masjid

Hidup damai dan toleran tentu wajib didengungkan, seperti dilakukan sosok ini di kutip dari detik.com : Menteri ESDM, Ignasius Jonan bersama pemuda2 berkendara motor Vespa di Jakarta. Jonan  ikut aksi membersihkan masjid.

 

Pemuda2 tergabung dalam Pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) dan pemuda lintas agama lain : Generasi Muda Budha Indonesia (GEMA BUDHI), Pemuda Katolik Indonesia dan Pemuda Kristen Indonesia, melakukan bersih2 rumah ibadah.

Bulan lalu Jonan bersihkan gereja dan kali ini giliran membersihkan masjid Jamiyatul Ilmi di Menteng Pulo, Jaksel. Kegiatan rutin ini wujud toleransi untuk menghilangkan pembatas antar umat beragama.

 

“Acara bersih2 rumah ibadah ini bukti keberagaman. Gotong-royong ini penting dan menghapus atau mengurangi se-kurang2nya sekat2 agama, karena suku, ini kerja sama2 membersihkan rumah ibadah dan saya mengapresiasi kegiatan yang dinisiasi pemuda Muhammadiyah ini,” ujar Jonan usai bersihkan tempat wudhu Masjid Jamiyatul Ilmu di Menteng Pulo (17/9/17).

Jonan menambahkan, bersih2 rumah ibadah masjid, gereja dan vihara ini wujud gotong royong dan semangat persatuan masyarakat dan persatuan bangsa terutama pemuda sebagai generasi muda.

“Keberagaman itu bagian dari bangsa sejak kita sepakat merdeka (1945 dari Sabang-Merauke. Wong sukunya beda banyak dsb, kepercayaan atau agama juga beda, itu tidak perlu dipertentangkan itu urusan pribadi masing2, yang bisa kita kerjakan bersama untuk masyarakat, bangsa itu paling penting”.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan : “Kita bersihkan rumah. Bulan kemarin gereja, kini Masjid dan bulan depan Vihara bergantian, jadi seluruh komunitas agama, anak2 muda lintas agama bareng2. Dalam proses pengerjaan bersih2 itu didialogkan satu dengan yang lain sehingga ada mutual understanding tumbuh rasa persaudaraan”.

Pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan ini adalah cara untuk menumbuhkan toleransi yang otentik. “Toleransi itu harus outentik, jadi menghormati itu engga boleh pura2, apalagi toleransinya politik yang penuh dengan keberpura-puraan” lanjutnya.

Usai membersihkan masjid, Menteri Jonan berkesempatan untuk menanam pohon disekitar area masjid dan melayani pemberian makan gratis bagi dhuafa. (mkj/mkj; Michael Agustinus)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://finance.detik.com/sosok/d-3647001/aksi-jonan-naik-vespa-dan-bersihkan-masjid-di-jakarta)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita