India China Dan Vietnam Jadi Kota Terdinamis Di Dunia

India China Dan Vietnam Jadi Kota Terdinamis Di Dunia(traveling.bisnis.com)-JAKARTA; Asia Pasifik disebut sebagai pusat-pusat kota paling dinamis di dunia. Tiga perempat dari 20 kota teratas dunia berada di kawasan ini, berdasarkan laporan terbaru JLL  yaitu City Momentum Index.

 

Tapi, indeks ini juga menunjukkan pergeseran pengaruh global dari barat ke timur berkelanjutan dan kota-kota di India, China dan Vietnam mendominasi posisi teratas. India (dengan 7 kota di 20 besar, terbanyak di dunia) – memimpin Indeks 2020, meski tahun lalu mengalami perlambatan ekonomi.

 

Dominasi India ditunjang lokasi di wilayah selatan, dengan Hyderabad (di peringkat 1) dan Bengaluru (di peringkat-2) mempertahankan statusnya sebagai2 kota teratas untuk jangka pendek. “Kota yang paling cepat berkembang di India menarik minat investor luar negeri, yang ingin memanfaatkan pertumbuhan ekonomi Negara ini” ujar Stuart Crow, CEO Capital Markets, JLL Asia Pacific dalam siaran persnya.
“Kami lihat fokus pemerintah India terus mengembangkan infrastruktur hingga memudahkan berbisnis. Meski ekonomi melambat, reformasi struktural ini meningkatkan transparansi pasar dan mendorong investasi ke sektor real estate. Sektor properti logistik India didukung pertumbuhan e-commerce dan perubahan kebiasaan konsumsi masyarakat.” tambahnya.
Sementara, China memperlihatkan peran makin besar dalam mendorong momentum global. Seperlima dari 20 kota teratas dunia ada di Cina. Shanghai satu-satunya kota di Cina yang masuk 20 besar selama 7 tahun terakhir.

 

Jeremy Kelly, Director of Cities Research JLL, mengatakan dinamisme luar biasa pada ekonomi berkembang di Asia itu bukti reformasi ekonomi, pertumbuhan bisnis, dan investasi infrastruktur mendorong ekspansi industry, khususnya di sektor teknologi dan pengembangan konsep start-up. Hal ini berlangsung di dunia, dengan keberagaman geografis yang dapat terlihat pada Indeks.
Indeks ini mengidentifikasi hal hal yang jadi kunci utama pertumbuhan, yaitu daya tarik tenaga ahli, perluasan pusat inovasi dan perencanaan kota yang lebih baik, sehingga kota dapat menjawab tantangan yang dihadapi dengan momentum yang serba cepat.

 

Ketika talenta dan inovasi mendorong momentum

Momentum di China, yaitu Chongqing (ke-11), Wuhan (ke-13), Hangzhou (ke-15) dan Shanghai (ke-17) didorong populasi muda berbakat yang tertarik pada pusat kota yang dinamis dan inovatif. Meski baru berusia 40 tahun, Shenzhen (ke-10) jadi magnet bagi raksasa teknologi terkemuka Cina yang berkantor pusat di kota itu.

 

Sehingga menjadikan kota tersebut sebagai kawasan start-up teknologi yang dinamis dan pusat inovasi. Talenta muda dari seluruh Cina telah memahami bahwa: dua pertiga penduduk Shenzhen berusia 20-40, proporsi tertinggi dibanding kota besar mana pun di dunia.
Pertumbuhan cepat akan memperburuk masalah yang diakibatkan oleh perubahan iklim. Beberapa kota seperti Ho Chi Minh City (ke-3), Manila (ke-8), Shanghai (ke-17) dan Mumbai (ke-20) berisiko mengalami kenaikan permukaan air laut dan perubahan pola cuaca yang ekstrim akibat perubahan iklim.

 

Melihat fakta ini, industri properti berperan penting dalam membantu kota yang cepat tumbuh untuk bertransformasi jadi daerah perkotaan lebih ramah lingkungan. Kota-kota ini tidak hanya lebih rawan pada perubahan iklim namun mereka menghadapi tekanan yang lebih kuat untuk menyesuaikan diri.
Kota kota di urutan 20 besar mengungguli kota lain karena keberhasilan mengubah lingkungan demi menuju emisi-karbon yang rendah di masa depan. Di India, kota Hyderabad sedang meneliti teknologi mengurangi kebutuhan penggunaan AC, dengan pakai atap yang memantulkan cahaya matahari dan tidak terlalu menyerap banyak panas.
Indeks ini menunjukkan langkah yang diambil kota-kota mengatasi  persoalan berkaitan pertumbuhan yang cepat. Investasi yang berkesinambungan di sektor infrastruktur membuka lokasi baru, mengurangi kemacetan dan meningkatkan kualitas udara. Kota-kota di Cina terus mendapat manfaat dari investasi di jalur metro, kereta cepat dan peningkatan kapasitas bandara.

 

Pertumbuhan “mobilitas mikro” itu langkah positif lain, seperti pengenalan sepeda pintar dan mobil listrik di Hyderabad. Berbagai solusi smart city, seperti penyewaan sepeda meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan inklusi dan mendorong transisi menuju lingkungan dengan emisi karbon yang rendah.
“Kota-kota yang berhasil tumbuh cepat adalah fokus pada tata kelola dan kepemimpinan – sesuatu yang sering diabaikan. Sifat kompleks transformasi kota terkait inovasi ekonomi, mitigasi iklim, dan perubahan geopolitik dunia menjadikan sistem pemerintahan sesuatu yang semakin penting dalam menciptakan “kota masa depan” untuk beberapa dekade mendatang,” Kelly menyimpulkan

 

(Reporter/Editor: Mia Chitra Dinisari;  Bahan dari : https://traveling.bisnis.com/read/20200127/361/1194102/india-china-dan-vietnam-jadi-kota-paling-dinamis-di-dunia)-FatchurR *

*** Setelah heboh kasus 2019 nCoV kita belum tahu lagi perkembangannya (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita