logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cahaya Kemanusiaan Bertato dari Semarang

Cahaya Kemanusiaan Bertato dari Semarang(cnnindonesia.com/nasional)- Jakarta, Sebagian orang tak menyangka Agus Sutikno adalah pendeta gara2 penampilannya. Dia memiliki badan dan wajah penuh tato, rambut gondrong dan kerap bersepatu boots. Bisa jadi, pria (43) itu lebih mirip pemain musik aliran cadas.

Pendeta itu justru memberi pertolongan kepada kaum papa. Ini macam pecandu narkoba, Penjaja Seks Komersial (PSK) hingga mereka yang terjangkit virus HIV/AIDS. Perubahan hidup Agus mulai sejak 15 tahun lalu.

“Hidup saya dulu berantakan, nakal, sampai melawan orang tua. Tapi, saya tidak mau menguliknya kembali, itu masa lalu yang tidak pas untuk saya ceritakan pada banyak orang,” katanya kepada CNNIndonesia.com.

Dia masuk ke Sekolah Teologia di Probolinggo. Setelah lulus, Agus memberikan pelayanan rohani dan kemanusiaan di kawasan kumuh Semarang. Pelayanan kemanusiaan dan rohani yang dilakukan di jalanan membuat dirinya kerap disebut ‘pendeta jalanan’. Agus merintis dan mendirikan Yayasan Hati Bagi Bangsa di kawasan Tanggul Indah Semarang, di lingkungan prostitusi jalanan.

Hanya dengan ruangan ukuran 3×5 meter, yayasan itu jadi rumah belajar bagi 150 anak dari keluarga miskin. “Yayasan ini jadi pengayom bagi mereka yang butuh. Mereka yang dermawan memberikan bantuan, disalurkan oleh yayasan,” ujar Agus.

 

Melanjutkan studi
Septi (18), salah satu anak Yayasan Hati Bagi Bangsa bersyukur karena bisa mengenal pendeta jalanan tersebut. Septi nyaris berhenti putus di SMA mendapat dukungan hingga kini dapat meneruskan pendidikannya ke Perguruan Tinggi.

“Bangga, bersyukur  kenal dan dekat sama Om Agus. Saya tidak mungkin seperti sekarang tanpa Om Agus. Dia menolong tanpa membedakan golongan dan agama,” kata Septi.

 

Khusus di masa Paskah, Agus menyatakan perayaan itu jadi motif menolong sesama tanpa melihat latar belakangnya. (Jenny Rijanto-A61; dammar Sinuko; Bahan dari :    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180330130632-20-287030/cahaya-kemanusiaan-pendeta-bertato-dari-semarang)-FatchurR *

One Response to Cahaya Kemanusiaan Bertato dari Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita