logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Berakhirnya Tsukiji Pasar terbesar di Dunia

Berakhirnya Tsukiji Pasar terbesar di Dunia(internasional.kompas.com)-Jepang dikenal sebagai pasar terbesar di dunia dalam hal konsumsi ikan. Tak heran jika pasar ikan terbesar di dunia ada di Negara Matahari Terbit itu, yaitu pasar ikan Tsukiji. Pasar ini di distrik Ginza, Tokyo. Selain jual ikan, pasar ini melayani grosir hasil laut dan juga pertanian.

 

Mulai Oktober 2018, pasar ikan itu direlokasi ke tempat baru. Dilansir BBC, pasar ikan Tsukiji yang  beroperasi 83 tahun itu dipindahkan karena Jepang bersiap sambut Olimpiade Tokyo 2020. Berawal dari Reklamasi Kisah pasar ikan Tsukiji sejak 1923. Saat itu, dilansir dari Tsukiji.or, gempa bumi besar Kanto menghancurkan insfrastruktur2 kota di Tokyo. Patu pusat ikan, Nihonbashi mengalami hal sama.

 

Pemerintah  membangun pasar ikan di Tsukiji untuk menunjang bisnis itu. Caranya mereklamasi daerah Teluk Tokyo. Pemerintah menguruk teluk. Pasar ikan asal Pasar Nikonbashi dipindahkan ke Pasar Tsukiji. Lambat laun, Tsukiji jadi wilayah makmur dan ramai. Pada 1935, pasar ikan ini  beroperasi. Pedagang2 dari Nikonbashi mulai berjualan dan memulai aktivitasnya di Tsukiji.

 

Sebelum Direlokasi Dari tahun ke tahun, aktivitas pasar ini ramai dan menunjukkan produktivitas tinggi. Tsukiji jadi pasar ikan terkenal dunia dengan 500 jenis hasil laut. Peningkatan kunjungan wisatawan juga menjadikan pasar ini ramai. Mereka ingin lihat sistem lelang tuna di pagi hari. Akibatnya, sanitasi di Tsukiji dinilai kurang baik.

 

Seluruh hasil dari penjuru dunia diterima pada 17.00, sehari sebelumnya. Ikan itu dilihat dan mulai diperiksa kualitasnya. Pukul 03.00 pagi, pelelang menaksir harga dari ikan tuna. Pukul 05.30 lelang dimulai dan pemenang lelang akan membawa hasilnya setelah prosesi ini selesai. Seluruh ikan dibawa dan dimuat ke truk dikirim ke tujuan atau ke dipindahkan ke toko2 di dalam pasar.

 

Tepat pukul 11.00, toko di pasar tutup dan akan menunggu sore harinya ketika datangnya tangkapan ikan. Begitu suasana ketika mulainya lelang ikan tuna yang dikenal dari berbagai penjuru dunia.

 

Direlokasi

Adanya pagelaran Olimpiade Tokyo 2020 membuat lokasi ini harus dipindahkan. Sebagai pasar terbesar dunia yang beroperasi lebih dari 80 tahun, pasar ikan Tsukiji menyimpan kenangan. Sebagian besar penjual ikan yang bekerja di pasar tidak ingin pergi. Namun, pemerintah kota mendorong mereka keluar untuk memberi jalan bagi infrastruktur baru.

 

Pasar ikan ini akan jadi tempat parkir untuk pertandingan, dan akhirnya taman hiburan, kasino, atau pusat perbelanjaan. Kegiatan perdagangan bakal dipindah ke Toyosu yang berjarak sekitar 2 kilometer dari wilayah itu. Para pedagang akan mendapatkan fasilitas yang lebih ketika berada di tempat baru.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Awal Mula hingga Berakhirnya Tsukiji, Pasar Ikan Terbesar di Dunia..”, Penulis : Aswab Nanda Pratama; Editor : Bayu Galih; Bahan dari : https://internasional.kompas.com/read/2018/10/06/13141611/awal-mula-hingga-berakhirnya-tsukiji-pasar-ikan-terbesar-di-dunia)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita