(lifestyle.sindonews.com)- Tenet, film pertama yang akan tayang di bioskop di saat pandemi Covid-19. Disutradarai Christopher Nolan ini lama dinantikan dan jadi perbincangan hangat bagi penikmat film.

 

Apalagi, film-film karyanya kondang dan mampu mempermainkan persepsi penonton atas apa yang terjadi di layar. Tenet juga bukan pengecualian. Tenet, karya teranyar Christopher yang merupakan usaha paling ambisius dalam memberikan twist personalnya pada genre spy-thriller.

 

Dari trailer yang beredar dan sinopsis, orang menilai jika ini film penjelajahan waktu. Dalam wawancara, Christopher mengatakan, Tenet bukan film penjelajahan waktu, tapi inversi (pembalikan) waktu.
“Film ini berhadapan dengan waktu dan jalan berbeda di mana waktu bisa berfungsi. Tidak dengan masuk ke pelajaran fisika, tapi inversi ide material ini yang membuat entropinya terbalik, jadi ini berjalan mundur melalui waktu, relatif bagi kita,” papar Christopher dikutip Movie Web.

 

Terkait ide Inversi Waktu, itu jelas. Jadi, ini bukan waktu yang dibalik, tapi material, mau itu benda atau manusia, yang bergerak mundur melintasi waktu reguler. Jika bingung, maka deskripsi karakter utama film yang diperankan John David Washington, mungkin akan lebih bisa dipahami.
“Kita berhadapan dunia spionase, berhadapan dunia identitas tersembunyi. (John David) berperan seorang agen yang istilahnya Protagonis. Tenet adalah nama orgaisasi si Protagonis ini masuk. Dia jantung film ini, tapi, tak seperti (James) Bond, dia punya aksesibilitas emosional yang hangat,” tuturnya.
Protagonis yang misterius dan cerita yang cepat dan longgar dengan konsep waktu linier itu standar thriller khas Christopher Nolan hingga kini. Ada satu elemen yang hilang dari kepingan teka teki ini. Dia karakter sampingan yang tugasnya menyajikan eksposisi kepada penonton dengan cara menghibur.

 

Di The Prestige, tokoh ini karakter yang diperankan Michael Caine. Di Inception, dia Tom Hardy dan Joseph Gordon-Levitt. Di trilogi Dark Knight, dia Morgan Freeman. Di Tenet, sepertinya karakter Neil (Robert Pattinson). Namun, Christopher tidak yakin hal itu.
“Dia mungkin dipanggil Neil. Kalian tidak tahu yang terjadi dengan identitas ini. (Neil), karakter nakal yang beroperasi di dalam yang mereka sebut dunia twilight agen di agen rahasia berbeda,” ujarnya.
Karakter agen rahasia Rusia yang diperankan Kenneth Branagh. Kenneth pernah mengungkapkan betapa tekanan yang diberikan Christopher membuatnya sadar kalau dia memerankan tokoh jahat.

 

“Dia penjahat, itu tak perlu dipertanyakan. Ketika Chris meng-casting saya di film ini, dia memastikan kalau saya paham karakter ini gelap dan dia tak kenal belas kasihan, serakah, kejam, putus asa, orang berbahaya,” kata Kenneth.
Film ini perlakuan waktu membingungkan. “Ini kepingan spionase berhadapan dengan ancaman global. Holocaust nuklir bukan bencana terhebat yang memusnahkan manusia. Tenet membahas kemungkinan lebih buruk dan ini dibungkus dalam perlakuan waktu yang membingungkan yang meneruskan langkah Chris Nolan di film kembali ke Memento, melalui Interstellar dan Inception,” ujar Kenneth.
Sebagai aktor utama film ini, John David Washington, tak sepenuhnya paham film yang dia bintangi. Seperti karakternya, John David memiliki banyak pertanyaan saat dia menggali rahasia Tenet—yang  kata kode kunci di plot film ini. Putra aktor kondang Denzel Washington ini mengakui, dia berulang kali mempertanyakan cerita dan plot film itu kepada Christopher.
“Setiap hari ada pertanyaan buat dia. Tapi, dia ramah dan dia jawab dengan tenang dan sabar. Penting bagi aktor untuk menelusuri cerita dengan benar sehingga kita bisa menceritakan terbaik sebisa kita dan dia sangat sabar dengan kami. Saya bilang itu sangat sopan,” kata John David yang dikutip Comic Book.
Tenet menampilkan lokasi lebih seperti dunia nyata disbanding film lain Christopher. Syuting film ini di 7 negara berbeda. Bagi Christopher, pergi ke lokasi fisik untuk syuting adegan itu metode penting untuk menambahkan keaslian film ini.
“Kalau kalian mengerjakan film dan kalian datang pada Selasa dan ada bluescreen dan mengubahnya jadi Rabu pada green screen, maka tidak ada orang yang peduli. Tapi, kalau (kalian ada di) Tallinn di Estonia dan kalian naik pesawat dan tiba di Amalfi di Italia, itu perubahan adegan besar dan membawa perasaan yang merembes ke film,” paparnya.
John David Washington berperan Protagonis baru di Tenet. Dengan kata Tenet dan memperjuangkan kelangsungan hidup di dunia, perjalanan Protagonis melintasi dunia twilight spionase internasional mengungkapkan sesuatu yang melintasi waktu nyata.

 

Bukan penjelajahan waktu. Namun, inverse. Film juga dibintangi Robert Pattinson, Elizabeth Debicki, Dimple Kapadia, Aaron Taylor-Johnson, Clémence Poésy, bersama Michael Caine dan Kenneth Branagh. Tenet dijadwalkan tayang di Indonesia 31/7/20.

 

(alv; Alviana Masrifah;  Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/76020/158/bukan-tentang-penjelajahan-waktu-ini-cerita-film-tenet-1592640385)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita