logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

4 Organisasi Perantau Minang Akan Pulang Basamo Dengan Mobil

4 Organisasi Perantau Minang Akan Pulang Basamo Dengan Mobil(sumbar.antaranews.com)-Padang, Empat organisasi perantau Minang menyatakan akan “pulang basamo” atau mudik bersama lewat darat menggunakan bus dan ribuan kendaraan pribadi pada Lebaran 2019.
“Kini baru 4, jelang libur Lebaran akan makin banyak. Kami terus jalin komunikasi dengan organisasi perantau di Indonesia,” kata Kepala Biro Kerja Sama Pembangunan dan Rantau Sumbar Luhur Budianda di Padang. Empat organisasi itu, masing2 Sulik Air Sepakat (SAS), Ikatan Keluarga Kamang Barat, Nagari Koto Aur Malintang Padang Pariaman dan Ikatan Keluarga Kamang Saiyo.
Luhur memprediksi perantau yang pulang basamo lewat jalur darat tahun ini meningkat signifikan yang dipengaruhi mahalnya harga tiket pesawat. Khusus SAS, sudah melaporkan akan pulang bersama dengan 1.000 unit mobil. Belum lagi organisasi lain dan yang pulang secara pribadi.
Hal itu, peluang ekonomi sekaligus tantangan berat bagi masyarakat dan pemda di Sumbar, tergantung cara mengelola dan kesiapan di daerah. Ia yakin perekonomian masyarakat sepanjang jalan lintas Sumatera dari Dharmasraya, Sijunjung, Sawahlunto, Solok, Padangpanjang, Tanah Datar akan bergerak, jika bisa memanfaatkan momentum itu dengan baik.
Pedagang kuliner diprediksi paling diuntungkan meski sebagian besar untuk sahur, berbuka dan istirahat malam. “Rest area”, ujar dia, akan menjadi kebutuhan mutlak bagi rombongan perantau dan jadi titik interaksi bagi sektor perdagangan. Daerah tujuan wisata dekat pinggir jalan lintas juga bisa jadi pilihan rombongan perantau untuk berhenti melepas penat sejenak.
Namun, jika pengelolaan tidak baik dan memunculkan banyak “pasar tumpah” mengakibatkan macet ber-jam2, ditambah pengaturan lalu lintas tidak maksimal, keamanan serta kebersihan tidak terjaga, mudik bersama bisa dirasakan bagai “neraka”. “Hal ini jadi faktor yang membuat perantau malas pulang kampung, karena waktu banyak habis di jalan karena macet,” kata Luhur.
Menurut dia, hal itu sangat merugikan karena potensi yang dibawa perantau pulang itu besar, yakni silaturahim, “transfer” pengalaman hingga perputaran uang yang mencapai triliunan rupiah.
“Mari kita siapkan dengan baik agar pulang basamo terus menjadi tradisi yang menyenangkan di Sumbar,” katanya. (Pewarta : Miko Elfisha; Editor: Mukhlisun; Bahan dari : © ANTARA 2019 dan https://sumbar.antaranews.com/berita/266980/empat-organisasi-perantau-minang-ini-akan-pulang-basamo-dengan-ribuan-mobil)-FatchurR *

2 Responses to 4 Organisasi Perantau Minang Akan Pulang Basamo Dengan Mobil

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Tradisi mudik kampung halaman, merupakan tradisi yg ada hanya sekali dlm setahun dg waktu ckp panjang, oleh krnnya kesempatan ini, tdk akan terlewatkan sia2.
    Aplgi berombongan sp seribu kendaraan, merupakan petualangan menarik yg bisa melahirkan kisah2 kenangan manis.

  • FatchurR says:

    Ribuan pemudik itu tentu diharapkan berkontribusi bagi kota asalnya. Pemda sebaiknya menyambut mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita