logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

10 Tradisi Keturunan Hakka

tokoh hakka di surabaya(pikiran-rakyat.com)- BANDUNG, Indonesia terdiri dari suku2 bangsa, keturunan Tionghoa di Indonesia juga demikian. Banyak kelompok etnis Tionghoa yang kini ada di Indonesia, salah satunya Hakka. Orang juga menyebutnya dengan Khe.

 

Kelebihan kelompok Hakka ini dibanding kelompok lain, mereka terkenal banyak yang sukses. Salah satu kunci kesuksesan itu karena orang Hakka terkenal pekerja keras. Mereka memiliki sejumlah nilai yang dianut dan diamalkan tiap waktu. Ada 10 semangat yang diwariskan leluhurnya turun temurun dan mereka sebut dengan Hakka Spirit. Berikut 10 Hakka Spirit itu :

 

1-Menghormati leluhur (jaing zhong zu xian)

2-Mengajarkan berbakti (ti chang xiao dao)

3-Rukun dengan tetangga (mun lin hao ke)

4-Menjunjung tinggi kesetiakawanan (chong sang zhong yi)

5-Berusaha dan bersatu (tuan jie fen jin)

 

6-Rajin, Tekun (ke ku nai lao)

7-Ulet, kuat, dan tabah (jian yi gang qiang)

8-Pengembang usaha (kai tuo chuang ye)

9-Hemat, jujur (jian pu zheng zhi)

10-Mencintai tanah air (ai guo ai xiang).

 

Tokoh Hakka

Seperti dilansir sejumlah situs, Hakka salah satu kelompok Tionghoa Han terbesar di Tiongkok. Mereka sering pindah2 karena tergolong etnis pengembara. Di Tiongkok, orang Hakka secara bertahap bermigrasi dari utara ke selatan karena bencana alam, perang, dan konflik.

 

Di luar Tiongkok, Hakka terkenal karena sukses. Tkoh Hakka yang kiprahnya positif oleh dunia adalah mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew. Selama 31 tahun, Lee membangun negeri singa hingga jadi negara termaju di Asia Tenggara hingga kini. Dia sosok pemimpin yang mampu mengajak rakyatnya memiliki tekad kuat untuk bekerja keras demi kemajuan negara.

 

Di Bandung, orang Hakka terkenal solid. Kebanyakan pengusaha dan pedagang sukses. Meski tak sedikit yang berkiprah di bidang lain dan berkompeten. Mereka tergabung di Yayasan Harapan Kasih yang berkantor di Kompleks Mekarwangi, Kota Bandung. Hanya beberapa langkah dari kantor yayasan itu, berdiri sekolah megah yang terdiri 6 lantai dengan fasilitas lengkap.

 

Tak hanya generasi tua yang bekerja keras dan memperoleh sukses, namun jejak itu juga diikuti generasi mudanya. Generasi muda Hakka berdiferensiasi tak hanya menjadi pedagang atau pengusaha sukses seperti orangtua dan leluhur mereka. Dengan berbagai talentanya, mereka menunjukkan spirit Hakka tetap dianut meski mereka berkiprah dalam berbagai bidang.

 

Mereka juga tak melupakan budaya Sunda dan Indonesia, tempat mereka tinggal kini. Seperti dikatakan Lenny Hastuti, Ketua Pembina Hakka Youth Bandung, generasi muda Hakka harus aktif berpartisipasi dalam mempromosikan seni budaya Indonesia ke kancah internasional. (Deni Yudiawan; Bahan dari : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/11/02/10-tradisi-keturunan-tionghoa-hakka-yang-wajib-diteladani-412845)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita