logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Malas2an dan efek buruk bagi tubuh

Merdeka.com-Malas, mungkin sifat yang dibenci dari diri Anda. Jika malas beraktivitas, Anda malas untuk rajin, dan mungkin Anda malas menyelesaikan kewajiban. Ber-malas2an itu menyenangkan. Anda bebas tidak beraktivitas dan tidak berkewajiban apapun. Namun pemalas atau bermalasan bisa berefek buruk. Berikut penjelasannya dilansir  boldsky.com.

 

Mudah stres
Menjadi pemalas bisa bikin Anda rentan stres? Dan stres merupakan silent killer bagi kesehatan tubuh. Ahli kesehatan menyatakan saat Anda bermalasan, maka produksi hormon endorfin akan berkurang. Padahal hormon ini dibutuhkan membantu mengatur stres dan suasana hati Anda.

 

Kurang tidur
Dengan selalu aktif, maka tubuh akan melepaskan hormon yang bisa membuat Anda selalu tidur nyenyak di malam hari. Namun saat Anda bermalas-malasan, maka energi saraf yang tidak dihabiskan bisa membuat Anda terjaga semalaman.

 

Tubuh jadi lambat
Saat Anda bermalas-malasan, maka otomatis tubuh Anda jadi melambat. Metabolisme tubuh pun ikutan melambat yang pada akhirnya bisa merugikan kesehatan tubuh Anda.

 

Tekanan darah meningkat
Stres dan naiknya tekanan darah mampu berjalan beriringan. Oleh karena itu saat malas2an bisa membuat stres Anda naik, maka tekanan darah Anda pun bukan tidak mungkin juga ikutan naik. Oleh karena itu saat Anda merasa bahwa tekanan darah Anda naik, segera lakukan aktivitas ringan.

 

Naiknya berat badan
Mungkin tak berlebihan jika orang yang malas biasanya memiliki tubuh yang gemuk. Sebab kurangnya aktivitas, maka berkurang pula kegiatan untuk membakar kalori. Sebaliknya, saat Anda selalu aktif maka Anda juga bisa membakar kalori lebih banyak.

 

Tulang jadi lemah
Saat Anda malas, maka otomatis Anda pun jadi malas berolahraga. Hasilnya, tak hanya kegemukan saja yang di dapat, otot dan tulang pun jadi lemah. Ditambah lagi dengan naiknya berat badan, maka otot dan tulang pun akan semakin kewalahan menjaga berat badan.

 

Sirkulasi darah berkurang
Saat aktivitas Anda berkurang, maka sirkulasi darah pun juga bisa berkurang. Alasannya? Karena aktivitas Anda hanya sedikit, maka suplai darah pun akan mengikutinya. Itulah sederetan penyakit yang ternyata bisa mengancam Anda yang doyan malas-malasan. Well, malas memang boleh. Namun jangan sampai menjadikannya sebagai kebiasaan atau sifat Anda. (feb; http://www.merdeka.com/sehat/sering-malas-malasan-ini-7-efek-buruknya-untuk-tubuh.html)-FatchurR

—————

 

Sik kurang tah, silahkan info kesehatan lainnya, monggo :

  1. Hanya nafsu bukan cinta
  2. Agar anak mau makan sayur
  3. Kenapa Diabetasi harus minum Teh

————

 

Hanya nafsu bukan cinta

Liputan6.com, Jakarta Banyak pernikahan berakhir perceraian akibat pasangan yang bercinta itu hanya nafsu. Jika bicara nafsu, cukup banyak juga pasangan yang tidak pernah merasa puas. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang kehilangan minat untuk mempertahankan cinta sepanjang usia.

Berikut 9 tanda-tanda bahwa Anda hanya nafsu terhadap pasangan, bukan cinta seperti dikutip dari situs Times of India, Minggu (18/10/2015)

 

1. Hanya kagum pada sosok seseorang.

2. Hanya fokus pada penampilannya saja. Apakah dia cool, tampan, cantik, atau menawan.

3. Selalu berbicara dengan nada genit.

4. Terobsesi memiliki orang teresebut.

 

5. Mefokuskan diri hanya pada orang tersebut dan melupakan teman-teman Anda.

6. Tertarik berhubungan seks lebih dari apa pun.

7. Berusaha menjadi orang lain tidak jadi diri sendiri.

8. Jika kurang diperhatikan Anda akan marah dan muncul rasa tidak bangga memiliki orang tersebut.

 

9. Selama menjalin hubungan, di kepala Anda hanya nafsu saja yang terlintas tanpa mau berpikir bakal dibawa ke mana hubungan tersebut. (Aditya Eka Prawira; http://health.liputan6.com/read/2342895/9-tanda-anda-hanya-nafsu-bukan-cinta)-FatchurR

————-

 

Agar anak mau makan sayur

Jakarta, CNN Indonesia-Masalah makanan yang biasanya terjadi pada anak2 adalah sikap mereka yang sulit mengonsumsi sayuran. Padahal, sayuran merupakan sumber nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik bagi anak-anak.

Penelitian the University of Alberta menunjukkan ada banyak trik yang dilakukan ortu guna membuat sang anak mau mengonsumsi sayur. Studi yang diterbitkan jurnal Public Health Nutrition itu menunjukkan anak2 yang dapat memasak lebih sehat dibandingkan yang tak pernah memasak.

Penelitian yang melibatkan 151 anak sekolah itu menunjukkan bahwa anak yang kerap membantu ibunya memasak, mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah ketimbang yang tak pernah membantu bunda di dapur.

Mereka yang membantu sang bunda mengolah makanan di rumah memiliki tingkat kepercayaan diri  lebih tinggi dalam memilih makanan sehat di sekolah. Studi ini menyimpulkan, mendorong anak terlibat aktif dalam persiapan makanan di rumah menjadi salah satu strategi kesehatan yang efektif.

Meski penelitian tersebut masih perlu diuji lebih lanjut, namun tak ada salahnya mengajak sang buah hati mengenal makanan yang akan mereka konsumsi. Tindakan ini dapat membuat mereka memiliki hubungan positif dengan makanan.

Namun para ortu perlu memperhatikan keamanan ketika buah hati dengan riang membantu di dapur, peralatan dapur yang tajam, panas, dan berat tidak boleh mudah diakses anak2. Selain itu, kegiatan  untuk anak di dapur adalah hal sederhana seperti mencampurkan salad, memilih sayuran yang bagus untuk diolah, serta membumbui sayuran.

Teknik pengolahan juga dapat membantu anak untuk tidak menyingkirkan sayuran dari piring mereka, yaitu seperti membumbui brokoli dengan perasan lemon agar terasa segar dan membuat kacang yang renyah untuk dikonsumsi. (end/les; Endro Priherdityo; http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151203134954-262-95758/cara-agar-anak-mau-makan-sayur/)-FatchurR

————-

 

Kenapa Diabetasi harus minum Teh

Merdeka.com-Saat seseorang divonis diabetes, maka otomatis mereka harus memperhatikan apapun yang mereka konsumsi termasuk minumannya. Jika makanan-minuman tak dikelola dengan baik, maka bisa mengakibatkan kenaikan insulin dalam tubuh.

Penelitian terbaru dilansir boldsky.com menunjukkan diabetasi yang rajin minum teh menunjukkan kadar penurunan insulin signifikan. Itulah sebabnya penelitian yang dilakukan di tahun 2003 ini menyatakan penderita diabetes harus rajin untuk minum teh. Berikut manfaat yang didapat penderita diabetes dari minum teh.

Menjaga resistensi insulin
Menurut sebuah penelitian, mereka yang menderita diabetes tipe 2 dan rajin untuk minum teh hitam atau teh hijau setiap hari memiliki tingkat insulin yang stabil.

Menurunkan tekanan darah
Diabetes ternyata bisa mempengaruhi tekanan darah seseorang pula. Dengan minum teh dua kali dalam sehari, maka risiko naiknya tekanan darah pun bisa menurun.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Diabetes dan penyakit jantung merupakan penyakit yang berjalan beriringan. Bahkan dikatakan bahwa mereka yang memiliki penyakit diabetes juga memiliki 60% kemungkinan untuk terkena penyakit jantung juga.

Minum teh bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, sebab teh akan mencegah peradangan dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk jantung.

Mencegah risiko kanker
Tahukah Anda bahwa diabetes bisa terkait dengan kanker pula? Hal ini disebabkan karena saat kadar glukosa dalam darah meningkat, maka sel kanker juga aktif. Nah, agar Anda terhindar dari bahaya ganda ini maka Anda bisa minum teh untuk menurunkan risiko kanker Anda.

Menurunkan stres
Karena tingginya kadar gula dalam tubuh, terkadang pasien diabetes juga rentan untuk terkena stres. Namun minum teh bisa membantu Anda untuk mengontrol stres sebab teh mengandung theanine, asam amino yang membantu mengontrol stres dalam tubuh.

Selain manfaat itu, teh juga tinggi akan zat antioksidan. Sehingga minum teh bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. (Feb; http://www.merdeka.com/sehat/5-alasan-kenapa-penderita-diabetes-harus-minum-teh.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita