logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kacang itu bisa jadi pengganti daging

Kacang2an pengganti dagingKOMPAS.com – Para penganut pola makan vegetarian sering mencari informasi makanan pengganti sumber protein, seperti daging. Jawabannya : kacang-kacangan.

Seperti daging merah, kacang-kacangan kaya protein dan nutrisi yang penting untuk membuat kita merasa kenyang. Tim peneliti menanyai 28 partisipan, mencoba dua menu makan siang berbeda. Yang pertama meatloaf (olahan daging cincang gulung) yang dibuat dari daging. Yang kedua terbuat dari kacang.

Meatloaf daging mengandung sekitar 26 gram protein dan 3 gram serat, sementara versi kacang memberikan 17 gram protein dan 12 gram serat. Kedua versi meatloaf ini memiliki jumlah kalori dan lemak yang sama. Setelah 3 jam makan, para partisipan mengatakan nafsu makan mereka sama.

Protein adalah zat gizi yang penting untuk menjaga otot dan tulang, memiliki sistem imun yang sehat, dan mencegah kelelahan. Tetapi pilihan protein bukan hanya daging. Mengubah protein berbasis daging dengan kacang-kacangan ternyata memiliki efek yang sama.

The American dietetic Association juga mengelompokkan kacang-kacangan sebagai pilihan makanan sehat untuk penurunan berat badan. Bahkan mengasup 3 cangkir kacang setiap minggu bisa menurunkan risiko penyakit kronik seperti obesitas, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Sebaliknya, terlalu banyak mengasup daging merah berdampak merugikan. Daging merah yang diproses, seperti sosis dan bacon, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Meski begitu, tidak semua protein sama. Protein terbentuk dari asam amino yang dibuat tubuh dengan dua cara. Bisa dari tubuh atau dari makanan. Beberapa jenis asam amino esensial harus didapatkan dari makanan, dan protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lengkap yang diperlukan tubuh.

Protein nabati seringkali tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial, itu sebabnya total mengubah asupan protein hewani menjadi nabati bisa menyulitkan. Untuk itu dianjurkan mengasup beragam jenis protein nabati.

Selain protein, kacang kaya serat yang membantu menekan rasa lapar dengan cara membuat proses pencernaan lebih lambat. Serat berperan penting engontrol kadar gula darah.

Lucia Kus Anna; Medical Daily; http://health.kompas.com/read/2015/09/21/121900423/Kacang.Bisa.Jadi.Pengganti.Daging)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita