logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Jangan berlebihan mengonsumsi air

DEPOK, KOMPAS.com-Banyak minum air putih dipercaya dapat menjaga ginjal sehat. Namun, asupan cairan yang sebagian besar berasal dari minum air ada batasnya. Terlalu banyak minum air putih bisa membahayakan kesehatan. Lalu, berapa banyak seharusnya konsumsi air?

 

Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI Parlindungan Siregar mengatakan, dalam aktivitas normal atau tanpa OR asupan cairan yang dianjurkan dalam satu hari 2 liter. “Asupan air 2 Lt/hari untuk menghindari kekurangan dan kelebihan cairan tubuh,” ujar Parlindungan di Gedung Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (7/2/2015).

 

Untuk Lansia saat beraktivitas normal, asupan cairan yang dianjurkan lebih sedikit, yakni minimal 1 liter per hari dan maksimal 1,5 liter per hari. Sebab, fungsi ginjal orang di atas usia 65 tahun telah menurun. Saat OR, asupan cairan tidak boleh berlebihan dan kekurangan. Asupan cairan sebaiknya disesuaikan  tingkat aktivitas fisik atau olahraga tersebut.

 

Menurut Parlindungan, peningkatan aktivitas dari yang ringan hingga berat dapat mengeluarkan cairan dari tubuh 5 liter. “Dianjurkan mengasup air seperlunya, tidak dianjurkan berlebihan,” katanya. Untuk yang memiliki penyakit batu saluran kemih, konsumsi air yang dianjurkan mencapai 3 liter per hari.

 

Jika fungsi ginjalnya menurun, khususnya penyakit ginjal kronik stadium 4, konsumsi air yang dianjurkan maks setara volume cairan yang dikeluarkan melalui urin sehari atau 24 jam. Dalam keadaan istirahat atau tidak beraktivitas, volume cairan yang keluar tubuh, yaitu 1,6 liter. Cairan dikeluarkan dari urin 500 mililiter (ml), dari kulit atau keringat 500 ml, saluran napas 400 ml, dan feses 200 ml.

 

Asupan cairan harus mengimbangi yang keluar. Cairan bisa berasal dari air minum dan makanan. Asupan air tidak boleh berlebih karena dalam keadaan normal, ginjal normal hanya mampu mengeluarkan  400-600 ml air per jam. (Dian Maharani; Lusia Kus Anna; http://health.kompas.com/read/2015/03/09/080000923/Jangan.Berlebihan.Berapa.Banyak.Seharusnya.Konsumsi.Air.)-FatchurR

————-

Artikel kesehatan lainnya, monggo diramesi :

  1. Minuman sehat buat Mood
  2. Darah yg ajaib
  3. Pengalaman mengelola gagal ginjal
  4. Dokter & Gadis Kecil
  5. Resep baru penawar sakit

—————-

 

Minuman sehat buat Mood

Merdeka.com-Merasa sedih, tak fokus atau marah2 tanpa alasan? Jika ingin mengatasinya dengan baik, mengonsumsi bahan2 yang disediakan alam jadi pilihan tepat. Melansir dari prevention.com, berikut ini deretan minuman sehat yang direkomendasi mengatasi berbagai jenis mood buruk yang kita alami.

 

1. Air lemon hangat untuk tingkatkan konsentrasi

Dehidrasi jadi salah satu penyebab seseorang kehilangan konsentrasi, sehingga mendapat cukup air minum membantu mengembalikan konsentrasi. Tetapi jika ingin mempertajam konsentrasi, sediakan secangkir air perasan lemon hangat akan sangat membantu.

 

Studi menunjukkan hanya dengan aroma lemon, seseorang dapat meningkatkan kinerja tugas2 yang perlu banyak konsentrasi. Selain itu, mengonsumsi lemon memberi tubuh asupan vit-C, serta norepinefrin, yaitu jenis neurotransmitter yang mempengaruhi bagian otak pengontrol konsentrasi.

 

2. Basmi stres dengan teh chamomile latte

Teh chamomile terbukti mampu mengurangi kecemasan dan mudah tersinggung. Sedang susu berasal dari sapi yang mengonsumsi rumput mengandung conjugated linoleic acid (CLA). Ini jenis lemak yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak dan melawan efek dari hormon kortisol (hormon stres).

 

Menggabungkan dua bahan ini akan menjadikannya minuman super untuk melawan stres. Kita bisa membuatnya dengan menambahkan susu panas dalam teh chamomile dan menggunakan madu sebagai pemanis.

 

3. Hilangkan rasa gelisah dengan jus cerri

Jika gelisah dan kesulitan tidur, cobalah menikmati segarnya jus cerri. Penelitian menemukan minum jus cerri 2x sehari dapat membantu kita tidur nyenyak ± 90 menit tiap malam. Cerri merupakan sumber alami hormon melatonin dan asam amino tripofan yang membantu menghilangkan kegelisahan kamu.

 

4. Kurangi frustasi dengan teh chai

Tak hanya lezat, teh chai mengandung rempah2 alami seperti kayu manis. Sebuah studi (2009), aroma kayu manis dapat memperbaiki perasaan seperti lebih waspada dan menurunkan rasa frustasi. Selain itu, kayu manis berfungsi menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jadi, jika kamu mersa frustasi mengonsumsi teh chai adalah cara yang tepat untuk menendang jauh rasa frustasi kamu.

 

5. Tendang jauh rasa lelah dengan teh hijau

Menjadi favorit banyak orang, teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang meningkatkan gelombang otak alpha. Ini mirip kondisi otak saat bermeditasi. Gelombang otak alpha berhubungan dengan relaksasi, fokus dan ketenangan. Jadi, saat tubuh lelah, secangkir teh hijau hangat membantu kita menendang jauh rasa lelah itu.

 

Cara mudah menjauhkan berbagai mood yang membuat kita tak nyaman? Selain manfaatnya yang ampuh atasi mood buruk, minuman di atas mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba, kan? (http://www.merdeka.com/sehat/ini-5-rekomendasi-minuman-sehat-buat-mood-kamu-yang-berubah-ubah.html)-FatchurR

————–

 

Darah yg ajaib
Berikut fakta mengagumkan dari darah kita….
1)Apabila Gelas diisi air putih, ditetesi darah segar (manusia), maka air berubah menjadi merah karena darah tercampur rata tanpa diaduk.
●Kesimpulan: Air putih itu sangat baik untuk tubuh/darah kita.

2) Gelas diisi air garam, ditetesi darah segar, diaduk. Tetap tidak tercampur dengan baik/rata, terlihat darah menggumpal kecil-kecil dan kental.

●Kesimpulan: Terlalu banyak makan garam, darah jadi kental, menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, jantung harus bekerja lebih keras memompanya. Bisa berakibat darah tinggi dan stroke.

3) Gelas diisi minyak, ditetesi darah. Tidak mau bercampur dan menggumpal besar.
●Kesimpulan: Terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik, kolesterol menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke jantung, menyebabkan penyakit jantung yang amat riskan kematian karena bisa tiba-tiba anfal dan tidak tertolong.

4) Gelas diisi alkohol, ditetesi darah. Langsung bercampur, tapi lama-lama darah berubah warna menjadi cokelat, berarti darah menjadi rusak.

●Kesimpulan: Banyak para alkoholis meninggal dunia karena minum terlalu banyak, apalagi alkohol oplosan. (Lisa Dwiana; dari grup WA IAMDP)

————

 

Pengalaman mengelola gagal ginjal

Saat saya tugas ke NTT saya lihat Kajati NTT pak John Walingson Purba terlihat segar bugar bersih putih kulitnya dan sehat. Saya bertegur sapa dgn beliau ” Bapak tampak sehat”. Beliau berceritera : ” ya dahulu sy sakit gagal ginjal serta saya harus bersihkan darah. Asam urat saya mencapai 14. Dokter sdh angkat tgn dgn penyakit sy ini. Tetapi kini saya sembuh cuma dgn konsumsi ramuan yg diberi Sinshe sy.
.
Ramuan itu yaitu :
1. 11 (sebelas) siung bawang putih tunggal
2. 2 (dua) siung bawang bombay
3. 3 (tiga) bh jeruk nipis (bukanlah jeruk lemon)
.
Ketiga bahan itu diblender jadi satu. Untuk jeruk nipis diblender seluruhnya beserta kulit serta biji bijinya. Ramuan herbal ini dikonsumsi satu hari 3x 1 sendok makan sebelum makan. Walhasil pak Kajati sembuh dari penyakit gagal ginjalnya itu serta ramuan itu yg ditularkan kpd kami Tim Inspeksi Umum dari Jkt. Kata beliau Shinse berpesan bila sdh sakit apa pun mengkonsumsi ini bakal sehat. Sekalipun dokter telah memvonis tdk bakalan sembuh.

Sepulang dari Kupang pak Irmud Intel Pidsus Tjahyo Aditomo lsg bikin ramuan itu, hasilnya keluhannya hilang. Rasa kantuk yg senantiasa melanda waktu jam jam kerja jadi hilang sekalipun. Begitupun linu2 di tgn. Beliaupun mempunyai anak yg divonis dokter alami gejala kangker lidah. Tetapi ajaib sesudah mengkonsumsinya jadi sembuh sama sekali. (drg Julia Suwargo-A72; dari grup WA IAMDP)

———–

 

Dokter & Gadis Kecil
Seorang dokter bersaksi ia pernah melakukan operasi terhadap gadis kecil yg hanya mempunyai harapan 10% saja untuk hidup. Ketika para perawat sedang mempersiapkan pembiusan, gadis kecil ini bertanya kepada saya : “Dokter bolehkah sy menanyakan sesuatu ?”

“Ya sayang, apa yg ingin kamu tanyakan?”.
“Setiap malam sebelum tidur saya berdoa, sekarang sebelum operasi dimulai, bolehkah sy berdoα?”
“Baiklah anak manis, engkau memang harus berdoa, jangan lupa berdoα jg untuk sy.”

Kemudian gadis kecil itu melipat kedua tanganya & berdoα: “Tuhan, Engkau Maha pengasih & penyayang berkatilah aku malam ini dalam kegelapan, kiranya Engkau dekat denganku. Lindungi aku sampai datangnya sinar mentari esok pagi & berkati pula dokter yg akan mengoperasiku”.

Setelah menutup doαnyα gadis kecil itu berkata: “Sekarang sy sudah siap Dokter.”
Mata sy berkaca-kaca melihat betapa besar iman yg dimiliki gadis kecil tersebut.
Malam itu sebelum saya mulai operasi, sy berdoα: “Tuhan yg baik, Engkau boleh tidak membantuku dalam operasi yg lain, tapi kali ini bantulah aku untuk menyelamatkan gadis kecil ini”.

Kemudian saya mulai mengoperasi gadis kecil itu. Dan keajaiban terjadi, dia disembuhkan. Saat berpisah & melepas gadis kecil itu pulang, maka saya sadar sesungguhnya “sayalah pasien” yg menjalani operasi iman. Gaya hidup gadis kecil itu mengajarkan bahwa jika kita menyerahkan seluruh masalah & beban hidup kita ke dalam tangan Tuhan, maka Dia akan memulihkan & menolong kita.

Dengan BerDoA & BerimaN, membuat kita yakin Tuhan mampu memelihara & menjaga harapan yg kita gantungkan padaNya. DOA menjadikan iman sebuah kenyataan. (Lisa Dwiana; dari grup WA IAMDP)

————-

 

Resep baru penawar sakit

London (ANTARA News)-Peneliti menemukan cara mereplikasi ketidaksakitan yang dialami orang2 dengan mutasi gen langka yang bisa mengarah ke pengembangan obat penawar rasa sakit generasi selanjutnya menurut studi yang dipublikasikan oleh University College London (UCL), Jumat (4/12).

Orang yang lahir dengan mutasi genetik langka tak bisa merasakan sakit dan itu berhubungan dengan mekanisme tertentu dalam sistem syaraf. Ada “saluran2” yang memungkinkan pesan-pesan disampaikan di sepanjang membran-membran sel, dan mereka penting untuk persinyalan listrik dalam sistem syaraf.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa saluran sodium Nav1.7 penting untuk persinyalan sakit dan orang yang lahir dengan Nav1.7 tak berfungsi tidak bisa merasakan sakit. Obat-obat yang memblokir Nav1.7 sejak itu dikembangkan namun sayangnya hanya menimbulkan efek lemah.

Hasil studi di jurnal Nature Communications mengungkapkan tikus dan manusia yang kekurangan Nav1.7 menghasilkan opioid peptida lebih tinggi dari level normal. Untuk meneliti opioid penting untuk ketidakbisaan merasa sakit, peneliti memberi naloxone, pemblokir opioid, ke tikus transgenik yang kekurangan Nav1.7 dan menemukan bahwa mereka jadi bisa merasakan sakit.

Kemudian mereka memberikan naloxone kepada perempuan berusia 39 tahun dengan mutasi genetik langka dan membuat dia merasakan sakit untuk pertama kali dalam hidupnya.

“Bahan rahasianya ternyata opioid peptida kuno, dan kami sekarang mendaftarkan paten untuk kombinasi dosis rendah opioid peptida dengan pemblokir Nav1.7. Ini harusnya bisa meniru ketiadaan rasa sakit pada orang dengan mutasi langka, dan kami sudah berhasil menguji pendekatan ini pada tikus yang tak dimodifikasi,” kata Profesor John Wood, salah satu penulis utama makalah hasil riset tersebut.

Orang dengan Nav1.7 tak berfungsi menghasilkan opioid rendah sepanjang hidup mereka tanpa menimbulkan toleransi atau mengalami efek samping yang tidak menyenangkan menurut Profesor Wood.

“Kami berharap bisa menguji pendekatan kami pada manusia tahun 2017 dan kemudian mulai mencari kombinasi obat untuk membantu jutaan orang dengan sakit kronis di seluruh dunia,” katanya seperti dilansir kantor berita Xinhua. (Editor: Maryati; COPYRIGHT © ANTARA 2015 dan http://www.antaranews.com/berita/533455/peneliti-temukan-resep-baru-penawar-rasa-sakit)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita