logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pengemis punya restoran

VIVA.co.id – Seorang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Muklis (70), diamankan satgas pelayanan, pengawasan dan pengendalian sosial (P3S) Sudinsos Jakarta Timur, ketika mengemis di kawasan Pasar Obor Cijantung Jakarta Timur.

 

“Kalau pengemis itu (Muklis), akan di bina selama 21 hari di panti sosial, jika dia tidak punya KTP DKI, maka akan dipulangkan ke daerah asal,” kata Kepala Rehabilitasi Sudinsos Jakarta Timur, Yan Yasin.

Yasin mengatakan, pengemis yang merupakan kategori orang yang mampu sebenarnya cukup banyak di Jakarta. Namun, lanjut Yasin, mereka merupakan orang-orang yang berasal dari luar Jakarta.

“Ada pengemis asal Bekasi, yang cuma naik turun kendaraan umum meminta-minta, tapi belakangan diketahui dia mempunyai rumah yang bagus, malah punya rumah lebih dari satu, bahkan mempunyai restoran,” ujar Yasin.

Yasin juga mengungkapkan, pihaknya pernah menemukan pengemis yang saat kena penjangkauan membawa uang tunai puluhan juta rupiah.

“Cukup banyak yang kayak gitu. Kami pernah menjangkau pengemis yang bawa uang tunai puluhan juta rupiah bahkan punya perhiasan berupa emas,” ujar Yasin menceritakan

Modus mereka, lanjut Yasin, itu bermacam-macam. Ada yang membawa gendongan dan memanfaatkan kondisi mereka yang sudah tua. “Bahkan ada juga yang kakinya dibalut, berpura-pura cacat untuk mendapatkan belas kasih dari orang sekitar,” katanya.

Menurut Yasin, Pemprov DKI Jakarta akan menindak tegas para PMKS yang tetap nekat mengemis, menggelandang dan juga mengganggu kenyamanan umum. Sanksi yang diterapkan berupa pembinaan dalam panti dan pemulangan ke daerah asal bagi yang memiliki KTP di luar DKI Jakarta.

Untuk menanggulangi masalah pengemis, lanjut Yasin, sekarang kita ada tim Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S). “Kami juga punya posko-posko yang didirikan di beberapa titik lokasi yang rawan didatangi pengemis.”

 

“Bahkan saat ini Gubernur DKI Jakarta sangat tegas, akan memidanakan PMKS yang melanggar ketentuan-ketentuan di DKI,” kata dia.

Seperti diketahui, Muklis (70) seorang PMKS terjaring razia penjangkauan petugas P3S Senin 28 September 2015. Muklis terjaring ketika mengemis di pasar obor Cijantung Jakarta Timur.

 

Dari pemeriksaan oleh petugas, Muklis diketahui punya tiga unit Kios dan satu rumah permanen. Dari pengakuannya Muklis bisa medapatkan hingga Rp300 ribu rupiah perhari. (Siti Ruqoyah, Anwar Sadat; http://m.news.viva.co.id/news/read/680431-menindak-pengemis-punya-restoran–kios-dan-rumah)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita