logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Rusia punya deretan Masjid cantik

Cathedral Mosque of Moscow(wolipop.detik.com)-Moscow; Mendengar nama Rusia tidak terbayang jika negeri ini punya banyak masjid cantik di seantero negerinya. Mulai dari Moscow sampai St. Petersburg, inilah deretan masjid cantik di Rusia.

Masjid cantik yang pertama bisa ditemui di Moscow. Masjid bernama resmi Cathedral Mosque of Moscow ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa. Masjid yang memiliki dua kubah kuning ini bisa menampung 10 ribu umat, yang setiap Jumat jumlahnya bisa meluber hingga 15 ribu.

 

masjid kul sharif kazanMasjid cantik kedua ada di Kazan yang dikenal dengan Masjid Kul Sharif. Berkapasitas 6 ribu umat ini  cantik dan aktif. Setiap hari di salah satu sudutnya, ada ruangan khusus untuk mengkhatam Al-quran. Masjid ini selalu ramai karena tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga berfungsi sebagai museum dan Islamic Center.

 

 

 

 

masjid soekarno rusiaMasjid cantik berikutnya yang kami temui “Hijab for The World” Elhijab ada di Saint Petersburg. Kemasyhuran Masjid Biru yang dikenal : Masjid Soekarno ini menyaingi museum seni The Hermitage, sebagai tempat yang tak boleh dilewatkan terutama turis asal Indonesia. Sebab tak hanya cantik, namun masjid ini jadi saksi sejarah hubungan baik Indonesia – Rusia masa lalu.

Pada era Komunis masjid ini sempat dijadikan gudang oleh pemerintah Uni Sovyet ketika itu karena semua tempat ibadah baik gereja maupun masjid tak boleh digunakan untuk beribadah.

 

Presiden Soekarno saat itu melihat kondisi masjid dalam kunjungan ke Rusia (1956) memiliki andil besar melobi pemerintah setempat untuk melakukan pembukaan kembali masjid berkubah biru itu sebagai tempat ibadah umat Muslim. Dianggap berjasa, hingga kini Masjid Biru dikenal sebagai Masjid Soekarno.

Masjid Biru memiliki kubah biru bergaya arsitektur Asia Tengah. Dua menara kembarnya menjulang tinggi berhadapan dengan gereja2 di sekitarnya. Masjid ini jadi pusat kegiatan umat, membuka layanan pencatatan pernikahan, pendaftaran ibadah haji sampai memberikan nama bagi bayi yang baru lahir.

Seperti yang terlihat saat Wolipop mengunjungi masjid ini bersama Elhijab, (20/11/16), ada seorang keluarga yang baru mendapatkan nama bagi bayi yang baru lahir. “Namanya Yasmina, diberi nama oleh imam” kata sang ayah.

Masjid Biru jadi salah satu ikon kota Saint Petersburg yang memiliki banyak bangunan berarsitektur cantik. Arsitekur cantik itu misalnya, The Hermitage, museum seni yang luas dan terbesar dan tertua di Eropa. Museum ini dibangun (1764) oleh Catherine the Great dan terdiri dari lima bangunan dan juga dikenal sebagai Winter Palace.

 

the church of the spilled bloodAda juga The Church of the Spilled Blood (Church of Ressurection) yang berkubah mirip bawang merah dan berdinding bata merah. Sangat fotogenik untuk difoto. (Mel; Eny; Meliyanti Setyorini; Bahan dari :  https://wolipop.detik.com/read/2016/11/23/100116/3352193/859/rusia-ternyata-punya-deretan-masjid-yang-cantik-ini-buktinya)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita