logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Marhaban Ya Ramadhan(3/3)

marhaban ya ramadhan 2018(tongkronganislami.net)-Serial akhir serial : Sekilas pemaknaan terhadap Kata Marhaban Ya Marhaban

Kata “marhaban” diartikan penghormatan menyambut tamu yang akan datang (juga diartikan selamat datang). Kata ini disamakan dengan ahlan wa sahlan, artinya serupa. Kedua kata ini berarti selamat datang.

 

Namun tidak ada seorang ulama yang menganjurkan pemakaian kata ahlan wasahlan menyambut tamu agung “ramadhan” sehingga kata yang paling umum digunakan yaitu Marhaban ya Ramadhan.

 

Ahlan akar kata “ahl” (keluarga) berbeda dengan kata sahlan dari “sahl” (dalam bahasa indonesia = mudah). Di beberapa tempat kata sahlan juga diartikan sebagai “dataran rendah”. Pengartian ini dimaksudkan bahwa dataran rendah gampang dilalui oleh siapapun.

 

Kata ahlan wasahlan di gunakan ungkapan dalam menyambut atau “selamat datang”, yang ditengahnya terdapat kalimat tersembunyi / tersirat. Jika di urutkan, maka ahlan wasahlan bisa di artikan (kamu sedang di tengah) keluarga dan (telah melalui) dataran rendah yang mudah.”

 

Kata Marhaban bersal dari kata rahb, berarti “luas” dan “lapang”,  Ini menunjukkan tamu yang akan kita sambut itu mulia, dan kita harus dalam keadaan lapang dan senang. Kita harus mempersiapkan segala hal yang akan dikerjakan nantinya.

 

Dari kata ini lahir kata rahbat, berarti ruang yang luas untuk dikendarai. Ini dimaksudkan, kita akan mendapat ruangan luas yang nantinya kita gunakan dalam mendapat segala kebaikanmelanjutkan perjalanan (setelah bulan ramadhan).

 

Dari uraian itu, marhaban ya ramadhan dimaksudkanucapan pada bulan ramadhan. Atau penantian  penuh kesenangan, memiliki hati lapang, dengan persiapan2 matang. Sehingga dapat di simpulkan  “marhaban ya ramadhan” ini kendaraan yang mengasah diri melanjutkan perjalanan yang tertunda.

 

Ada gunung yang tinggi yang harus dilalui guna menemui-Nya, itulah nafsu. Di gunung itu ada lereng curam, belukar lebat, bahkan banyak perampok yang mengancam, serta iblis yang merayu, agar perjalanan tidak dilanjutkan.

 

Bertambah tinggi gunung didaki, tambah besar ancaman dan rayuan, makin curam dan ganas pula perjalanan. Tapi, bila tekad membaja, maka berikutnya tampak cahaya benderang, dan saat itu, akan jelas rambu2 jalan, tampak tempat2 indah untuk berteduh, telaga2 jernih untuk melepaskan dahaga.

 

Bila perjalanan dilanjutkan akan ditemukan kendaraan Ar-Rahman untuk mengantar sang musafir bertemu  Allah Swt. Demikian kurang lebih perjalanan itu dilukiskan dalam buku Madarij As-Salikin. Kita perlu mempersiapkan bekal guna perjalanan itu. Benih2 kebajikan yang harus ditabur di lahan jiwa kita.

 

Tekad membaja memerangi nafsu, agar kita mampu menghidupkan malam Ramadhan dengan shalat dan tadarus, siangnya ibadah kepada Allah melalui pengabdian untuk agama, bangsa dan masyarakat. Semoga berhasil. (Tongkrongan Islami;  Bahan dari :  https://www.tongkronganislami.net/marhaban-ramadhan-penuh-berkah/)-FatchurR *** Tamat……….

One Response to Marhaban Ya Ramadhan(3/3)

  • Harry Reksosamudro says:

    Marhaban ya Ramadhan, menapak gunung kehidupan yg terdiri dari bukit, ngarai, lembah curam serta onak duri semak hutan belantara, yg penuh dg cobaan.
    Tawakal dg bertaqwa pd Allah saja, akan selalu istiqamah siapa diri kita dibanding dg alam semesta ini, sedang melalui bukit ngarai curam, hati tergetar hebat serasa akan tergelincir mengikuti nafsu. Hanya bersandar pd Allah saja dg ajaran2NYA, baru bisa bertahan dari godaan iblis yg menghanyutkan serta iming2 nikmatnya dunia.
    Marhaban ya Ramadhan, dg tuntunan Allah akan terlewati gunung keduniawian, menuju kemenangan.
    Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita