logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Makna Idul Fitri

Ketupat lebaranHikmah idul fitri bagi kita Umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Kegembiraan dan kebahagiaan menyambut kemuliaan keutamaan bulan syawal dimulai dengan kedatangan 1 syawal atau kita mengenal istilah lebaran bagi kita.

Untuk itulah kita akan sedikit membahas mengenai berbagai macam makna hikmah Idul Fitri :
Penetapan idul fitri 1 syawal otoritas dalam Pemerintah melalui Kemenag juga terkadang berbeda dengan ormas2 Islam. Perbedaan menentukan 1 syawal atau pun 1 Ramadhan di Indonesia ini karena perbedaan dalam cara untuk menentukannya.

Tetapi semuanya itu juga dikembalikan kepada kita semuanya, asal kita mengetahui dasar hukum yang dipakai dalam penentuan hari raya itu.

Mengenai Hari Idul Fitri, dalam budaya Indonesia, perayaan lebaran 1 syawal ini dijadikan momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga, berkumpul bersama dengan anggota keluarga dan juga terkenal dengan tradisi mudik lebaran yang begitu kental di Indonesia ini.

Walau sebenarnya makna hikmah dan keutamaan silaturahmi bukan hanya dilakukan ketika hari idul fitri saja, tapi seyogyanya dilakukan sepanjang dalam masa kehidupan kita.
Hari kemenangan juga kerap dijumpai dari makna lebaran ini. Maksudnya kemenangan melawan hawa nafsu yang buruk selama menjalani ibadah puasa ramadhan. Walau justru momen 1 syawal ini kita manfaatkan meneruskan kebaikan dan amalan2 ibadah sebulan Ramadhan dilanjutkan pada sebelas (11) bulan berikutnya.

Ada beberapa hikmah keutamaan Idul Fitri :
Hikmah Dalam Bersyukur Kepada Allah.
Seharusnya kita senantiasa bersyukur kepada Allah atas segala limpahan nikmat yang dikaruniakan-Nya tanpa bisa kita hitung. Bersyukur kita telah melaksanakan salah satu kewajiban menunaikan puasa Ramadhan dan selalu berdoa, berharap bertemu kembali pada Ramadhan mendatang.

Bersyukur kita diberi kesehatan dan kenikmatan berkumpul keluarga dan kerabat dan bersyukur telah berpuasa. Masih banyak saudara2 kita yang tidak juga berpuasa ramadhan karena ada halangan atau sakit. Begitu besar manfaat-hikmah dalam berPuasa Ramadhan yang telah kita lalui bersama.

Momentum Tepat Bersilaturahmi.
Momentum Lebaran ini kita mari jadikan sarana meminta maaf dan memaafkan orang lain dengan bersilaturrahim (menyambung kasih sayang, kepada suami atau istri, kedua ortu, anak, keluarga, sanak kerabat, tetangga serta teman dan relasi kita ketika ada kebencian terhadap mereka.

Mari kembali menjalin dan menyambung silaturahmi yang terputus diantara kita. Kasih sayang merupakan lawan dari kebencian. Sehingga orang yang ada kebencian disebut dengan pemutus kasih sayang (Qathiul Rahim). Silaturahmi di bulan Syawal juga mengenalnya dengan istilah halal bi halal pula.

Kembali Pada Kefitrahan.
Iedul fitri berarti kaum muslim kembali ke fitrah, kembali ke kesucian. Karena jika benar2 dioptimalkan, maka puasa Ramadhan Dan Manfaatnya dengan segala amaliah istimewanya adalah momentum terbaik bagi peleburan dosa dan penghapusan noda yang mengotori jiwa dan membebani diri kita selama ini.

http://askep-net.blogspot.com/2013/08/makna-hikmah-idul-fitri.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita