Itali tempat nyaman untuk Muslim

Turin kandang muslimLebaran.com-Mendengar nama Juventus, tak akan ada bayangan mengenai Islam. Salah satu klub terbaik di Serie A Italia ini tidak berkaitan langsung dengan kehidupan Muslim di Italia. Negeri para uskup ini menyimpan cerita tersendiri, dari golongan minoritas Muslim.

 

Juventus, bermarkas di Kota Turin, Italia. Disini banyak Muslim hidup dengan damai dan berdampingan dengan umat lain. Seperti dilansir Republika dari tayangan Press TV melalui Youtube. Sekitar 55 % umat Muslim di Italia menempati Italia Utara. Turin adalah salah satu bagian dari Italia Utara berpenduduk Muslim yang besar.

 

Jika dibanding jumlah penduduk Italia, Muslim tergolong minoritas, ± 36 ribu jiwa. Dibawah 1 % dari keseluruhan penduduk negara ini. Tetapi dari perkembangan yang tercatat, jumlah itu naik dari masa ke masa. Di Turin, sekitar 30 ribu Muslim, dengan perbandingan 12 % dari total penduduk Kota Turin.

 

Muslim di Turin bisa lebih berbahagia dari tempat lain, karena Islam tidak dianggap gama radikal dan berbahaya. Wanita yang berhijab pun bisa beraktivitas seperti biasa, seperti masyarakat normal lainnya.

Kaum Muslim dari multientis ini rata-rata , merupakan imigran dari negara-negara Muslim.

 

Ada yang berasal dari Cina, Filipina, Afrika Utara, dan negara Asia Selatan. Mereka menetap dan berkeluarga serta kehidupan di Italia, khususnya Turin. Banyaknya komunitas Muslim, membuat nuansa Muslim terasa lebih bergema, sehingga menjadikan Kota ini seperti rumah sendiri, bagi para Muslim yang berada di Italia Utara.

 

Hal ini tak lepas dari toleransi yang dimiliki Pemerintah kota Turin. Pemerintah setempat melindungi setiap komunitas yang ada, tanpa memandang dari agama mana komunitas itu. Untuk mendukung kegiatan keagamaan, setidaknya ada 8 Islamic Center yang bisa dikunjungi di Kota klub kebanggaan para Juventini.

 

Bahkan, kabarnya pendidikan Islam juga sedang diusahakan untuk bisa masuk ke kurikulum sekolah disana. (http://www.lebaran.com/kesehatan/item/1595-saat-kandang-juventus-menjadi-tempat-yang-nyaman-bagi-para-muslim.html)-FatchurR

Pengurus Pusat IAMDP mengucapkan selamat Hari Idul Fitri,  “Taqabbalallahu minna waminkum. Ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita