logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Berpuasa di New Zealand lebih mudah

Berpuasa di New Zealand(kicknews.today)-Mataram; Jumlah mahasiswa Indonesia di negeri Kiwi, New Zealand ratusan orang. Setidaknya data terakhir (2016), jumlah mahasiswa Indonesia disini 937 orang. Lantas di bulan puasa bagaimana mahasiswa muslim melewati hari2 di sana?

 

Seorang mahasiswa asal Lombok Tengah, Lalu Abid Zainul Fuad menceritakan pengalamannya ke kicknews menjalani bulan puasa di Selandia Baru. “Walau jadi puasa pertama saya di luar negeri, biasa saja. Tapi ada suka dan dukanya” ungkap pria asli Batukliang, Lombok Tengah ini pada kicknews via online (4/6)

 

Abid, ia biasa dipanggil, menceritakan puasa di Selandia Baru waktunya lebih singkat jika dibanding  di Indonesia, yakni 11an jam. Suhu rata2 se-hari2 antara 6-15 derajat. Hal ini membuat berpuasa di “Negeri Hobbit” ini jadi adem, tidak panas. Ini membuat siapapun yang berpuasa merasa tidak haus sama sekali.

 

“Waktu terasa cepat berjalan akibat kesibukan tugas2 kampus yang harus dikerjakan” ungkap Abid. Di samping banyak keringanan berpuasa di Selandia Baru, Abid merindukan suasana Ramadan di kampung.

 

“Rasanya tidak semeriah Indonesia, suasana Ramadan tidak begitu istimewa seperti di Indonesia. Misalnya suara Azan, tadarusan di mana2 ramai di Indonesia. Di sini sepi, biasa saja. Mungkin itu hal yang saya rasakan dari suasananya puasa di Indonesia” ujarnya.

 

Ditanya tentang atmosfer kehidupan berpuasa di lingkungan kampus dan sekitar, mahasiswa Massey University ini menceritakan tidak pernah ada kendala. Semua orang di sekitar lingkungannya tetap saling menghormati.

 

Alhamdulillah, di kampus sudah ada masjid dan pengurusnya aktif. Kalau bulan puasa, kampus juga nanggung biaya buka puasa di masjid yang dananya sebagian dari kampus dan jama’ah masjid. Kita juga salat berjamaah dan tarawih bareng, rutin tiap hari di kampus,” ujar pria alumni FKIP Unram ini.

 

Untuk membuat suasana Ramadan semarak sebenarnya tak susah. Sebab ada komunitas2 muslim dari berbagai negara. Komunitasnya beragam, mulai dari ekspatriat hingga mahasiswa. Mereka berasal dari banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, India, Pakistan, Saudi Arabia, Afrika, Jordan, dan Mesir.

 

“O…iya, komunitas Indonesia juga kuat di sini. Jadi kalau weekend, ada yang ngundang berbuka puasa bersama” tutur pria peraih beasiswa New Zealand ASEAN Schoolar Award ini. Terkait suasana bertoleransi dengan teman non-muslim, tidak pernah ada masalah dengan hal itu.

 

“Bagus, yang puasa, puasa. Yang tidak puasa ya makan seperti biasa. Tapi biasanya mereka tahu juga kalau yang muslim berpuasa, dan dimengerti dengan sendirinya. Jadi tidak ada isu2 intoleransi di sini, masing2 melakukan urusannya sendiri,” lanjut pria yang pernah mengelilingi Eropa ini.

 

Untuk mengobati kerinduan kampung halaman, Abid sesekali membuat masakan Indonesia sederhana. Dengan bahan yang mudah didapat. Meski jika Ia ikut berbuka bersama di masjid, aneka makanan dari berbagai negara Islam biasanya ada.  “Kalau hidangan khas New Zealand waktu berbuka nggak ada. Tapi, kita berbukanya biasanya di Masjid, jadi banyak makanan ala India dan Timur Tengah”.

 

“Paling sering sih Briyani. Biasanya takjil dulu pakai kurma, buah2an dan susu. Lalu salat maghrib dan kultum. Selesai itu baru makan makanan utama sama2. Kalau sahur sih lebih di apartemen atau rumah masing2” tutupnya. (dx; Bahan dari :  https://kicknews.today/2017/06/05/30821/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita