logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Membuat sate kambing yang empuk dan enak

Sate kambingSate kambing ​jadi salah satu olahan populer ketika Idul Adha. Untuk membuat sate kambing enak, perhatikan cara potong sampai bumbunya. Sate kambing sedap punya tekstur empuk. Menurut Lenny dari rumah makan Sate Ibu Yanti, jenis dan bagian kambing ikut berpengaruh pada hasil sate. Berikut beberapa tips pembuatan sate dari Sate Ibu Yanti.

1. Pemilihan kambing
Jenis kambing berpengaruh pada keempukan sate. Daging kambing betina usia antara 4-6 bulan dapat dipilih untuk sate. Biasanya kambing betina mempunyai serat lebih halus, sedangkan jantan agak kasar. Kambing betina juga punya lemak agak banyak.

2. Pemotongan daging
Untuk sate, sebaiknya ambil bagian paha belakang, punggung atau has dalam. Menurut Lenny, bagian ini biasanya lebih empuk. Kemudian lih​at alur serat daging. Ikuti arah serat untuk memotong daging. Terakhir, buang urat (lapisan tipis berwarna putih) pada daging kambing.

 

Jika salah potong tidak mengikuti serat dan urat-urat tidak dibuang maka daging jadi liat​. Lemak atau gajih daging bisa digunakan untuk menambah citarasa sate.

3. Peralatan pemanggangan
Pilih tusuk sate dari bambu yang bersih dengan warna agak putih. Bentuknya bisa dipilih yang bulat atau lebar, sesuai selera. Sebelum memakai tusuk sate, rendam dalam air supaya kotoran hilang dan lebih lembap.

Sedangkan untuk arang pada pemanggangan sate bisa dipilih arang batok kelapa. Biasanya arang ini lebih tahan panas dan suhunya stabil.

4. Proses pemanggangan
Dalam satu tusuk sate, dapat diisi 3 potongan daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ini ke dalam bumbu kocokan yang agak encer hingga rata. Isi bumbu kocokan ini terdiri dari campuran bumbu kacang, kecap dan sedikit air kaldu.

 

Sate dibakar dalam bara api sampai setengah matang. Kemudian sate diangkat dan dicelupkan lagi ke bumbu kocokan, supaya bumbu lebih menyerap. Terakhir, bakar kembali sate hingga matang sempurna. Keseluruhan proses pembakaran memakan waktu sekitar 5-10 menit.

5. Pelengkap sate
Sate kambing biasa disajikan dengan saus kecap. Saus ini bisa dilengkapi irisan cabai, bawang merah, bawang goreng, lada dan jeruk limau. Jika suka variasi lain dapat memakai bumbu kacang. Racik bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling.

 

Masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan gula merah/gula pasir dan garam. Bumbu kacang dapat dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau. (odi/tan; http://m.detik.com/food/read/2015/09/24/101225/3027378/297/ini-5-langkah-untuk-membuat-sate-kambing-yang-empuk-enak)-FatchurR

2 Responses to Membuat sate kambing yang empuk dan enak

  • Harry Reksosamudra says:

    Sy pernah mkn sate kambing yg satu2nya cm ada di Jl Gajahmada Tegal bukanya jam 18.00 max jam 21.00 sdh ludes. Menurut penjualnya pemeliharaan kambingnya dikandang khusus per ekoran shg tdk ada kesempatan main2 yg bisa berotot jd agak kenyal

  • Harry Reksosamudra says:

    Makanannya spesial daun ramuan entah jenisnya, jd bila dimakan satenya msh tercium baunya yg stlh 3/4 bulan dibikin sate (cempe=kambing muda)
    Rasanya enak jg empuk mungkin menyehatkan kan pake daun rempah yg tdk pernah sy jumpai dimanapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita