logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Univ Katholik Australia gelar acara buka bersama

Univ Katholik australia gelar acara buka bersamaMELBOURNE, KOMPAS.com Di negeri multikultur seperti Australia tidak hanya umat Muslim yang menggelar acara buka puasa bersama. Australian Catholic University (ACU), juga menyelenggarakannya, pada Selasa (7/7/2015), di salah satu kampusnya di Melbourne.

 

Acara buka puasa itu jadi ajang pembukaan ruang doa yang dapat digunakan pemeluk agama dan kepercayaan apapun. Acara itu dihadiri 100an undangan dari berbagai kalangan, diselenggarakan ACU bekerjasama dengan Australian Intercultural Society (Masyarakat Antarbudaya Australia).

 

Dalam kata pengantarnya, Dr John Ballard dari ACU mengatakan pentingnya suatu wadah bagi seluruh umat beragama di kampus tersebut untuk memiliki satu tempat yang bisa digunakan untuk berdoa atau sekadar mencari ketenangan.

 

Sehingga, ruang doa bagi semua penganut agama tersebut menurut Dr John Ballard sengaja ditempatkan di ruang terdepan di gedung utama kampus.

 

“Biasanya ruangan seperti ini ditempatkan di lantai paling bawah di tempat remang2. Namun kami melihat pentingnya ruang seperti ini, dan ini akan jadi contoh yang akan kami kembangkan di seluruh 7 kampus ACU di Australia.” tambah Dr John Ballard dalam acara yang juga dihadiri wartawan ABC L. Sastra Wijaya.

 

Salah satu keunikan acara buka puasa bersama di Universitas Katolik Australia tersebut adalah bahwa mereka yang hadir mendapat siraman rohani dari sisi Katolik dan Islam.

 

Acara yang disebut refleksi itu dengan tema yang sama yaitu “Respect for the Sacred” (Penghormatan bagi hal-hal yang suci). Dari pihak Katolik refleksi disampaikan Suster Cheryl Camp, sementara dari umat slam disampaikan Zuleyha Keskin, keduanya sedang menempuh pendidikan doktoral di ACU.

 

Dalam uraiannya, baik Camp dan Keskin menjelaskan bagaimana dalam kehidupan sehari-hari mereka mendapat contoh antar-penganut agama yang menghormati  kegiatan yang dilakukan oleh penganut agama lainnya.

Menggaungkan apa yang baru saja dilakukan ACU dengan membuka ruang doa multikepercayaan itu, Zuleyha Keskin mengatakan bahwa alangkah indahnya jika satu saat nanti masing-masing penganut agama di dunia ini bisa menggunakan tempat ibadah agama lain.

 

“Alangkah bagusnya bila ada umat Islam yang bisa (berdoa) ke gereja, atau penganut Hindu  bisa berdoa di sinagoga, atau penganut Katolik berdoa di kuil Buddha.” kata Zuleyha Keskin.

 

Tak hanya diisi siraman rohani, acara buka puasa itu juga diramaikan sajian atraksi budaya, juga menampilkan berbagai kebudayaan Islam dan Katolik. Salah satu budaya Islam yang ditampilkan adalah tari sufi yang dilakuan dua orang penari pria.

 

Tiga orang penyanyi melantunkan doa dan nyanyian Taize. (Ervan Hardoko; Australia plus ABC; http://internasional.kompas.com/read/2015/07/08/20212061/Universitas.Katolik.Australia.Gelar.Acara.Buka.Puasa.Bersama)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita