logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Gereja eksotik

 

a-Gereja Yesus Gembala Baik di Ubung Kajaa-Gereja Yesus Gembala Baik di Ubung Kaja (Denpasar) yang didirikan pada 2003. Perpaduan ini menunjukkan tingginya rasa toleransi umat beragama di Bali.  Gereja Paroki Tritunggal Mahakudus Banjar Tuka yang terletak di Kuta Utara, Badung Bali ini bergaya arsitektur khas Bali, dan menggunakan iringan gamelan khas Bali dalam peribadatannya.

 

Juga ada Katedral Bali yang terletak di Denpasar ini. Sekilas dilihat, gereja ini memiliki menara yang menyerupai pura. Namun keindahannnya yang sesungguhnya terletak pada interior altarnya.

b-Gereja Santo Fransiskus Asisi (Brastagi)b-Gereja Santo Fransiskus Asisi (Brastagi)

Di tengah sejuknya Brastagi, Sumut terdapat gereja unik ini. Gereja ini disebut inkulturatif sebab menggabungkan budaya Kristen-dengan tradisional khas Sumut. Gaya bangunannya terinspirasi rumah adat Batak Karo. Gereja ini di desa Sempa Jaya dan diresmikan 2005. Gereja ini pernah mendapatkan penghargaan dari Vatikan lho.

 

 

c-Gereja-Katolik-St.-Mikael-Pangururan Samosirc-Gereja Katolik St. Mikael (Pangururan, Sumatra Utara)

Gereja ini juga dijuluki gereja Katolik inkulturasi karena gaya bangunannya yang mengadaptasi rumah tradisional khas batak. Hanya sedikit informasi yang bisa diperoleh dari gereja ini yang terletak di Pulau Samosir.

 

 

d-Gereja Santa Maria de Fatima (Jakarta)d-Gereja Santa Maria de Fatima (Jakarta)

Sekilas, bangunan ini mirip kelenteng. Namun ini adalah gereja yang dibangun penduduk Tionghoa beragama Katolik. Gereja di Jakarta Barat ini berdiri 1954 dan hingga kini masih menyelenggarakan misa dalam bahasa Mandarin.

 

 

e-Gereja Poh Sarang (Kediri)e-Gereja Poh Sarang (Kediri)

Gereja unik ini terletak di kaki Gunung Wilis, Kediri. Bangunan yang diarsiteki Henri Maclaine Pont dan Pastur Jan Waolters ini terinspirasi gaya tradisional Jawa. Gereja ini unik tiada duanya bila dilihat dari bentuk bangunannya.  Di gereja ini terdapat Gua Maria yang menyerupai Gua Maria di Lourdes, Prancis.

 

f-GKJ Karangjoso (Purworejo)f-GKJ Karangjoso (Purworejo)

Purworejo menyimpan warisan berupa bangunan Gereja Kristen Jawa (GKJ) tertua di Jawa. Gereja ini didirikan Kyai Sadrach dengan ajaran campuran Kristen-Kejawen (kepercayaan tradisional Jawa). Uniknya, gereja ini sepintas menyerupai masjid.

 

Jika pada masjid terdapat mustaka di puncaknya, di bangunan gereja ini mustaka diganti salib. Salibnya unik, yaitu persilangan antara senjata cakra milik Prabu Kresna dan panah Pasopati milik Arjuna. Berkat akulturasi ini, ajaran GKJ berkembang pesat, walau cara ini tak disetujui para zending (para misionaris asal Belanda).

 

g-Gereja Hati Kudus Yesus (Ganjuran)g-Gereja Hati Kudus Yesus (Ganjuran)

Gereja superunik ini terletak di Ganjuran, 20 km dari Yogyakarta. Gereja dan Gua Maria yang dibangun 1924 atas prakarsa Joseph dan Julius Smutzer (pengelola Pabrik Gula Gondang Lipuro) ini diarsiteki J. Yh. van Oyen. Keunikannya, bangunan candi dengan patung Yesus yang menyerupai dewa Hindu serta bangunan gerejanya yang bergaya Joglo.

 

 

h-Gereja Maranatha (Banjarmasin)h-Gereja Maranatha (Banjarmasin)

Ini gereja Protestan yang kebanyakan jemaatnya pendatang dari Maluku. Gereja ini dibangun bergaya arsitektur rumah tradisional suku Banjar (penduduk asli Banjarmasin) yang seluruhnya menganut Islam.

 

Masih di Kalimantan, terdapat pula gereja-gereja Dayak yang menggunakan rumah Lamin (rumah adat Dayak) dan hiasan khas Dayak pada altarnya seperti ini.

Gereja-gereja tua Belanda

Gereja Sion (Jakarta); Dijuluki sebagai “the oldest operating church in Jakarta” atau gereja tertua di Jakarta yang masih digunakan, gereja ini dibangun pada 1695 dan sering dijuluki sebagai Gereja Portugis.

Gereja St. Yusuf (Cirebon)

Gereja ini tertua di Jawa Barat. Dibangun 1878 atas perintah Lousi Theodoor Gonsalves, pemilik pabrik gula di Jawa dengan arsitek Gaunt Slotez. Kini, gereja ini telah menjadi cagar budaya di Cirebon.

 

Gereja GPIB Magelang

Sekilas dilihat, gereja GPIB Magelang tampak seperti puri Eropa. Untunglah gereja ini masih lestari dengan bentuk aslinya seperti ketika dibangun 1817.

Gereja GPIB Purworejo

Gereja GPIB Purwokerto yang bergaya arsitektur neo-gothic ini dibangun pada 1897 dan memiliki menara lonceng kecil yang berkubah.

 

Gereja St. Laurensius (Tangerang, Jawa Barat)

Sekilas kita sulit percaya, gereja ini terletak di Indonesia, bukan di luar negeri. Gereja paroki St. Laurensius ini tergolong baru, sebab diresmikan 21/9/2009 dan menjadi paroki pada 2012. Gereja megah ini terletak di kawasan perumahan Alam Sutera, Tangerang dan satu-satunya gereja Katolik berkubah di wilayah Keuskupan Agung Jakarta.

 

Gereja Regina Caeli (Jakarta)

Gereja yang terletak di wilayah Pantai Indah Kapuk ini dibangun selama dua tahun dan diresmikan pada 11 Juni 2006. Keunikan gereja ini tentunya adalah gaya arsitekturnya yang modern membuatnya layak menyandang sebagai salah satu gereja terindah di Indonesia.

Gereja-gereja yang berdampingan dengan masjid

Gereja-gereja yang tak kalah unik, sebab letaknya yang berdampingan dengan masjid. Di antaranya adalah GKJ Joyodiningratan Solo yang berdampingan dengan Masjid Al-Hikmah. Dua bangunan yang terletak di Jalan Gatot Soebroto 222 Solo ini sudah terkenal karena keharmonisan dan kerukunan antarumat beragamanya.

 

Di Malang malah lebih unik lagi, sebab Masjid Agung Malang terletak berdampingan dengan gereja GPIB Imannuel dan Gereja Katolik Kayutangan. Bahkan umat Muslim tak segan-segan melaksanakan ibadah sholat ied di halaman gereja. Bersambung……….   (oleh : I Made Yudi Hariastawa; http://desawisatablimbingsari.blogspot.com/p/wisata-rohani.html)-Aguk

 

One Response to Gereja eksotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita