Unik(3), Gereja-Pura-Masjid berdampingan

Lamongan Gereja, Pura dan Masjid berdampinganLamongan – Sebuah masjid di Lamongan memiliki keistimewaan dibanding masjid-masjid di daerah lain. Masjid berarsitektur Timur Tengah di Kota Soto ini justru berdiri berdampingan kokoh dengan tempat ibadah umat Hindu-Pura dan tempat ibadah umat Kristen-Gereja.

Masjid Miftahul Huda di Desa Balun, Kecamatan Turi-Lamongan berarsitektur kental timur tengah memiliki kubah besar di tengah, dengan dikelilingi 5 kubah kecil sebagi simbol penanda salat lima waktu.

Pengurus Takmir Masjid, Titis Suparno menuturkan, masjid yang awalnya dibangun dari wakaf seorang warga desa di tahun 1960-an ini dibangun oleh seorang penyebar agama Islam di Desa Balun tahun 1960-an. Peninggalannya berupa mimbar khutbah dari kayu jati dan sebuah bedug masih dapat di gunakan hingga saat ini.

Titis mengaku tak banyak mengetahui mengenai sejarah berdirinya masjid tersebut. Namun keistimewaannya, masjid ini berdiri kokoh berdampingan dengan tempat ibadah agama Hindu dan Kristen.

Bangunan masjid dan pura hanya dipisahkan jalan kampung selebar 4 meter. Bahkan, jika dilihat dari lokasi Pura Sweta Maha Suci ini, bangunan masjid seolah menyatu dengan bangunan pura. Tak hanya itu, tepat di depan masjid berjarak kurang lebih 50 meter, berdiri sebuah Gereja Kristen Jawi Wetan.

Menurut Titis, berdirinya 3 tempat ibadah itu menjadi contoh tauladan bagi kerukunan umat beragama di Indonesia. Tak heran, Desa Balun terkenal dengan sebutan Desa Pancasila. “Kami saling menghormati dengan menjaga perasaan beragama masing-masing orang,” kata Titis kepada detiksurabaya.com, Kamis (26/8/2010).

Rasa saling menghormati juga diwujudkan selama bulan suci ramadan oleh penganut agama yang lain. Umat Hindu yang biasa beribadah pukul 19.00 WIB misalnya, terpaksa merubah jadwalnya sebelum Maghrib. Karena pada pukul 19.00 WIB umat Islam sedang menjalankan salat tarawih.

Keragaman keyakinan warga Desa Balun sudah terjalin sejak lama, saat masing-masing tokoh agama menyebarkan agama di desa tersebut. Sedikitnya 1.500 kepala keluarga, 75 persen warga Desa Balun beragama Islam, 15 persen beragama Kristen dan sepuluh persen sisanya beragama Hindu. Bersambung ………………….

(http://news.detik.com/surabaya/read/2010/08/26/142233/1428479/475/bersatunya-masjid-gereja-dan-pura-di-desa-pancasila)-Aguk

2 Responses to Unik(3), Gereja-Pura-Masjid berdampingan

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Ini ide arsitektur perkotaan yang bagus. Kalau ada yang dibom, jadi tiji tibeh. Mati siji mati kabeh. Kelenteng sudah mengamankan diri atasi larangan Orde Baru dulu dengan menambah patung Dewi KWAN IM yang Hindu dan patun g BUDHA SIDHARTA jadi Kelenteng Tridharma.

    Saya pikir kalau rumah/ toko mau aman dari pembakaran pasang saja Patung Gus DUR komplit dengan sarana Penghormatan yang layak. Siapa berani bakar?

  • Yg menjadi persoalan kalau mereka beranggapan menyembah Gus Dur merupakan suatu penghinaan terhdp pribadi Gus Dur. Mereka protes! Krn menghadapi orang2 yg merasa keyakinannya yg paling benar, diluar itu salah , cukup meusingkan.Betapa indahnya dunia, bila diiisi oleh cinta kasih, yg seharusnya dipelopori oleh mereka2 yg mengaku beragama. Hidup beragama adalah lebih penting dr pd agama itu sendiri. Melaksanakan ayat2 dlm kitab suci dlm setiap kehidupan lbh penting dr pd kitab suci itu sendiri. Ada komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita