logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tradisi Unik Natal di dunia(2/2)

Kali ini m.dreamers.id menyajikan negara2 : Iran, Ukraina, Jepang dan Indonesia dalam menjalankaan tradisi Natalnya sebagai berikut :

 

4-Iran

Meski negara Islam, bukan berarti perayaan Natal berkurang esensinya. Warga Nasrani Iran akan mulai berpuasa dan tidak makan daging sejak 1/12. Puasa ini disebut mereka puasa kecil karena hanya pantang makan 1 jenis makanan.

 

Pada tanggal 25 Desember, setelah merayakan Natal di gereja, warga berkumpul di rumah dan menyantap hidangan khas Natal bernama Harasa. Meski tak ada acara tukar kado, setiap anak akan mendapat hadiah dari orang tuanya.

 

5-Ukraina

Negara pecahan Rusia ini punya legenda perayaan Natal. Seorang gadis dan keluarganya yang miskin tak memiliki biaya untuk mendekorasi rumah. Namun keajaiban terjadi dan membuat sarang laba-laba di rumahnya berubah menjadi emas dan perak.

 

Karena itu, muncul kepercayaan jika melihat sarang laba2 di pagi Natal akan membawa keberuntungan. Lama-kelamaan, muncul tradisi menghiasi pohon Natal dengan sarang laba2 dibuat dari benang2 halus.

 

6-Jepang

Cara unik dilakukan marketing salah satu brand  makanan cepat saji, KFC. Branding KFC awalnya dilakukan bersamaan di hari Natal beberapa dekade lalu. Hingga kini, mendatangi dan makan di KFC pada hari Natal jadi tradisi khusus di Jepang.

 

Pemandangan ramainya KFC di seluruh Jepang tidak aneh lagi setiap tahunnya. Bahkan, KFC bisa menjual ayam lima kali lipat lebih banyak dari penjualan di hari normal pada saat Natal.

 

7-Indonesia

Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tradisi unik dalam merayakan Natal. Misal Wayang Kristus di Yogyakarta yang menampilkan kelahiran Yesus Kristus dengan lakon dan tokoh-tokoh yang berhubungan dengannya. Wayang ini pun dijual sebagai cinderamata.

 

Adalagi tradisi Lovely December di Toraja yang penuh pertunjukkan meriah dan bisa berkesempatan mencicipi masakan khas Toraja. Parade kembang api pun dilakukan dan sering dianggap ‘pemanasan’ sebelum datangnya Tahun baru. (rei/image: Vista Education). Tamat………….

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://m.dreamers.id/berita/article/59051/sederet-tradisi-unik-natal-di-dunia-yang-jarang-diketahui)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita