Spirit mencari Tuhan

Mencari TuhanKetika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”

Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.

 

Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Allah, dengan meterai-Nya.”

 

KATA mencari Tuhan dalam lingkungan orang percaya adalah kata yang tidak asing. Sering diucapkan dan didengar. Tetapi tidak banyak yang mengerti apa yang dimaksud dengan mencari Tuhan itu apalagi menggelarnya. Sehingga faktanya banyak orang beragama Kristen tetapi tidak mencari Tuhan.

 

Hendaknya seseorang tidak berpikir dangkal, sudah merasa mencari Tuhan hanya karena pergi ke gereja.? Mencari Tuhan pada dasarnya dibangun dari dua motivasi utama:

 

Pertama berusaha mengenal Tuhan untuk dapat melakukan kehendak-Nya. Pihak gereja harus mengajarkan kebenaran agar jemaat mengenal Allah dengan benar. Sebagai buahnya orang percaya diajar untuk menempatkan diri dengan benar di hadapan-Nya.

 

Karakternya diubahkan terus untuk dapat dikembalikan seperti rancangan Allah semula, menghormati Tuhan atau menyembah Tuhan dan melayani Tuhan dengan membantu orang lain bisa memiliki kedewasaan rohani yang benar.

 

Kedua, berusaha mengalami Tuhan setiap saat sehingga dapat menjadikan Tuhan sebagai kebahagiaan. Ini bukan sekedar pengalaman keagamaan dalam liturgi atau misa. Tetapi pengalaman riil dengan Tuhan setiap hari. Untuk ini seseorang harus serius menghayati atau memberi perhatian kepada kehadiran Tuhan.

 

Setiap saat, meninggalkan kesenangan dunia dan berusaha merubah cita rasa jiwanya terhadap dunia. Orang seperti ini akan menyediakan waktu pergi ke gereja, doa pribadi dan bersekutu dengan saudara yang memiliki kerinduan yang sama. Tanpa hal ini seseorang akan gagal untuk dapat menikmati Tuhan.

 

Kalau seseorang ke gereja hanya karena memiliki masalah agar dapat jalan keluar dari masalahnya atau karena suatu kebutuhan jasmani, itu berarti belum mencari Tuhan. Mereka hanya mencari jalan keluar dari masalahnya atau menemukan pemenuhan kebutuhan jasmaninya.

 

Inilah yang dilakukan oleh orang-orang. Mereka mencari sesuatu yang tidak prinsip atau bukan kebutuhan utama. Karena kebodohan itu mereka tidak melihat “tanda” atau petunjuk arah. Hal yang sama seperti orang-orang bodoh tersebut dilakukan banyak orang lain hari ini yang pergi ke gereja bukan karena hendak mencari Tuhan.  Sebab itu mari kita hentikan salah-kaprah ini. (Andre Wahjudibroto)

One Response to Spirit mencari Tuhan

  • GoHwieKhing King Gaudi says:

    Proficiate, kiriman ANDRE ini sangat universal, semua orang beragama apa saja banyak salah kaprah dalam beribadah. Hanya untuk mencari jalan keluar dalam masalahnya, sebagai pelarian kebutuhan bersosialisasi dsb. Memang ada yang merasakan hasil upayanya ini. Padahal ada hasil yang lebih komplit kalau kita seperti yang diutarakan ANDRE diatas, kita merubah karakter diri dari binatang ekonomi menjadi mahluk spirituil. Segala perilaku kita menjadi pengejawantahan kehendak TUHAN bagi kebaikan semua Ciptaannya. Kalau kita bisa berperilaku demikian, kebahagiaan dunia sampai akherat pasti kita rasakan dan nikmati.

    Jalan yang lebar malah menyesatkan, jalan yang sempit membawa keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita