logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Seputar Jumat Agung

jumat agung 2018(jawapos.com)-Hari Paskah atau Jumat Agung dirayakan seluruh umat Kristiani. Namun tiap negara pasti punya tradisi dan budaya berbeda dalam merayakannya. Lalu mengapa Jumat Agung diberi nama “Agung”? Jumat Agung dalam bahas Inggris disebut dengan Good Fiday.

 

Jumat Agung itu penghormatan untuk mengingat hari  Yesus disalibkan. Momen ini terjadi sebelum Minggu Paskah. Jumat Agung dianggap sebagai hari untuk mengingat pengorbanan Yesus demi kebaikan umat manusia. Jadi pada hari ini, kaum Nasrani berpuasa dan berdoa kepada Yesus.

 

Ini menandai awal dari perayaan kenaikan Yesus setelah penyaliban. Jumat Agung dianggap hari yang  istimewa oleh orang2 Nasrani. Ada 6 fakta menarik seputar Jumat Agung versi Boldsky, Jumat (14/4).

 

1-Disebut Jumat Agung

Dalam bahasa Inggris yaitu Good atau Holy artinya suci. Ini adalah alasan mengapa nama itu diberikan di seluruh dunia benar2 berduka atas kematian Yesus.

 

2-Bagaimana Perayaan Paskah

Momen ini dianggap sebagai waktu untuk mengingat pengorbanan yang telah dilakukan Yesus bagi dunia. Oleh karena itu, orang-orang berkabung dan tak ada perayaan besar.

 

3-Nama lain Jumat Agung

Di luar negeri, Jumat Agung dikenal dengan banyak nama. Di antaranya Holy Friday, Great Friday atau Black Friday. Semua nama-nama ini terkait erat dengan suasana khidmat oleh gereja.

 

4-Pelayanan

Tidak akan ada perayaan di gereja pada hari Jumat Agung. Satu-satunya sakramen dirayakan selama ini adalah Baptisan, Tobat dan Pengurapan Orang Sakit. Selama periode ini, salib, lilin dan kain altar biasanya diangkat dari altar.

 

5-Perbedaan Tradisi

Berbagai umat merayakannya dengan cara yang berbeda. Hal ini disesuaikan oleh waktu yang ditentukan pihak gereja.

 

6-Tanggal berbeda

Tak ada tanggal yang tetap setiap Paskah. Perhitungan Barat didasarkan pada kalender Gregorian, sedangkan perhitungan Timur tergantung pada kalender Julian. (cr1/JPG; Fadhil Al Birra; Bahan dari :  https://www.jawapos.com/read/2017/04/14/123449/6-fakta-menarik-seputar-jumat-agung)-FatchurR

One Response to Seputar Jumat Agung

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Mengenang pengorbanan Jesus Kristus diatas kayu salib, merupakan peristiwa luar biasa, sebab pd hari ketiga DIA bangkit menyediakan tempat disorga, bg org percaya. Seremonianya bergantung pd msg2 aliran yg ditentukan gereja msg2, malah di LN ada yg melakukan penyaliban yg sesungguhnya atas diri org yg mau melakoninya dg sukarela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita