logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pasar Tradisional di Jerman

pasar rombeng-baraang bekas di jerman-1-poppy dunda(blog.goethe.de/lajuman)- Meski pusat pertokoan atau pusat perbelanjaan modern makin menjamur saat ini dan tren belanja online makin digemari, namun tetap saja barang2 kebutuhan se-hari2 yang mungkin tidak tersedia di tempat2 itu.

 

Karena itu, berbelanja di pasar2 tradisional jadi alternatif tepat di Jerman. Berikut adalah beberapa jenis pasar tradisional di Jerman, serta barang2 apa saja yang biasanya tersedia di pasar itu.

 

Wochenmarkt (Pasar Pekan)
Bagi yang ingin beli berbagai bahan makanan segar seperti sayur2an atau buah2an yang biasanya langsung dijual dari hasil panen para petaninya, Wochenmarkt adalah tempat belanja yang tepat. Wochenmarkt itu pasar tradisional di Jerman yang biasanya hanya dibuka tiap 1 atau 2 minggu sekali.

 

Orang2 lokal atau yang berasal dari daerah sekitar tempat diadakannya pasar pekan itu biasanya banyak yang membuka stan dan menjual berbagai jenis barang, terutama bahan makanan seperti sayur2an, buah2an, keju, ikan dan daging segar.

 

pasar rombeng-baraang bekas di jerman-2-poppy dundaSelain itu, terkadang ada juga stan yang menjual pakaian, sepatu dan berbagai macam bunga. Meskipun harga barang2 di Wochenmarkt ini tidak begitu murah, namun produk2 yang ditawarkan pada umumnya berkualitas tinggi.

 

Weihnachsmarkt (Pasar Natal)
Natal salah satu perayaan besar di Jerman. Euforia menyambut natal terasa 4 minggu sebelum hari natal, terutama ketika Weihnachtsmarkt atau pasar natal dibuka. Kita bisa melihat ber-macam2 stan yang menawarkan berbagai jenis barang unik, pernak-pernik khas natal saat ke pasar natal di Jerman.

 

Stan-stan yang menjual mainan anak-anak juga banyak dijumpai di pasar natal. Pohon natal dengan hiasan-hiasan cantik dan figur-figur khas natal juga selalu meramaikan suasana pasar natal di Jerman.

 

Flohmarkt atau Trodelmarkt (Pasar Loak)
Flohmarkt dikenal dengan Trödelmarkt adalah pasar loak di Jerman yang menyediakan barang2 bekas seperti baju, sepatu, buku, peralatan rumah tangga. Sepeda dan barang2 antik kadang dapat kita temui di pasar ini. Stan2 di pasar ini merupakan stan milik perorangan. Pasar ini hanya ada di waktu2 tertentu, misalnya pada akhir pekan.

 

Harga barang2 di pasar ini terjangkau. Bahkan, di pasar seperti ini kita bisa sepuasnya tawar-menawar harga dengan si pedagang. Tapi jangan salah, meski barang2 yang dijual di pasar loak di Jerman, barang2 bekas, namun, barang2 itu masih dalam kondisi  layak. (Poppy Dunda-Shirley Edna Maringka-A61; sumber : Lia http://blog.goethe.de/lajuman/archives/30-Pasar-Tradisional.html)-FR

Catatan : Dua Gambar Pasat Rombeng-Barang bekas kiriman senior kita : Poppy Dunda. (FR)

4 Responses to Pasar Tradisional di Jerman

  • Tdk beda dg di Indo, pasar tradisionil didaerah jg dibuka pd waktu2 tertentu, krn disini umumnya org desa kebanyakan peternak sapi/kambing sbg usaha sampingan, mk “Pasar Sapi” banyak diadakan didaerah.
    Kembali kepokok bahasan “Pasar Tradisionil di Jerman” yg menarik adlh Flohmarkt, disini tempat belanja keperluan se hari2 juga ada barang lawas/antik.
    Berburu barang antik sambil meluangkan waktu, disamping itu memperoleh hasil lumayan, krn umumnya brg antik yg dijual adlh bekas koleksi perorangan, jd kondisinya prima, mungkin krn sdh bosan ato kebanyakan dr ortu dikasih buat anak2nya yg tdk suka brg antik, jd tidak terawat cuma berdebu yg jika sdh dibersihkan, pasti jd bagus lagi.

  • Negara yg terbanyak kantor lelang brg antik adlh Germany, dl sering adakan komunikasi dg mrk, tp std brg yg kurang cocok dg biaya ckp mahal, jg penalty unsold item tinggi, dibanding Hong Kong, mk lbh sering lelang di HK. Sayangnya alumni yg di Jerman, sll beli sj, pdhal utk melewatkan waktu berjalan, seharusnya aktif berburu jg melego via lelang, sbg usaha sampingan yg banysk manfaat gunany. Melewatkan waktu sambil mendapat hasil, tapi semua bergantung kemauan pribadi msg2

  • fatkhurr says:

    Di Bandung juga ada yang jual barang bekas, mungkin juga antik dengan nama toko Babe (singkatan dari barang bekas)

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Pasar Loak Dupak di Sby jarang ada brg antik, krn yg keliling cari podo pinter, ada kolektor menampung dirmh nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita