logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Semua tertawa

anak terjatuh ke gotSuatu ketika di sekolah, seorang anak terjatuh ke got dan ia   ditertawakan oleh teman-temannya. Guru bertanya, “Tadi saya melihat  ada seorang anak terjatuh dan semua teman menertawakan. Saya ingin tahu, siapa di antara kalian yang tidak ikut tertawa?”

 

Seorang anak dengan wajah malu-malu mengangkat tangan. Dengan wajah serius guru itu berkata, “Lihat anak ini. Dia tidak mau menertawakan temannya yang celaka.” Kemudian sambil memandang anak itu dengan penuh kasih, guru bertanya, “Kenapa engkau tidak ikut tertawa?”

 

Dengan wajah menunduk anak itu menjawab, “Karena yang jatuh saya, Bu!”
Kita perlu menekankan perasaan senasib sepenanggungan kepada anggota komunitas. Sebagai satu kumpulan, ketika ada anggotanya yang merasakan penderitaan, semua merasakan derita yang sama; demikian sebaliknya. Semua saling membutuhkan. Tidak ada bagian yang lebih utama dibandingkan yang lain. Tujuan dari sikap hati seperti itu adalah supaya tidak terjadi perpecahan di internal. Karena, kita masing-masing adalah anggota dari Tubuh komunitas.

Apakah dalam keseharian pelayanan kita, sikap dan perilaku seperti itu tanpa sadar kerap kita lakukan? Jika kita bersyukur karena rumah kita tidak kebanjiran, itu baik. Namun, jika kita bersyukur hanya karena rumah kitalah yang satu-satunya selamat dan yang lain tenggelam, maka kita perlu menguji hati kita. Apakah kita bersyukur karena dilindungi Tuhan atau karena bencana itu menimpa orang lain?

“Tidak seorang pun peduli seberapa banyak yang anda tahu sampai mereka tahu seberapa banyak anda peduli”. (Theodore Roosevelt)

(Andre Wajudibroto; http://www.renunganharian.net/60-2015/januari/1269-tidak-ikut-tertawa.html)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita