logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Ramadhan dan Korupsi

korupsi di indonesiaSajian ini cukup bagus, walau telat : Pagi 1 Syawal di Temple of Slyman (desan Tempel, Sleman Jogja) terasa dingin. Angin berembus menusuk sampai ke sungsum tulang. Anak-anak rapat berselimut dan menangis ketika dimandikan paksa dengan air sedingin es. Padahal semalam, ribut memilih baju baru yang akan dipakai sholat Ied nanti.

Langit berkabut ketika penduduk dengan wajah yang sumringah menuju ke lapangan SMK di tetangga desa. Motor, mobil dan pejalan kaki, membawa sajadah dan alas koran. Jama’ah shalat Ied, bukan hanya penduduk desa, pendatang, putra-i yang mudik memenuhi lapangan, tampak dari deretan plat nomor, Jakarta, Bandung, Surabaya dan dari luar Jawa.

 

Lapangan bola penuh, sebagian memarkir mobil , motor dan sepeda, sebagian untuk sholat. Jarang yang parkir di jalan. Khotibnya Dr.Agus Triyanto, isi khotbahnya bagus dan menyentuh banyak aspek, terlalu panjang untuk dikutip semua. Khotib, yang sering memberi kuliah subuh atau Tauziah Tarawih di mushola dimana saya sehari-hari saya pergunakan.

Puasa, menurut Doktor lulusan Inggris ini, di awal khotbahnya, adalah ibadah rahasia. Rahasia antara diri dan Allah. Rahasia, bisa saja sambil wudhu kita sedikit menelan. Bisa saja, siang kita makan sate, ke rumah kembali pura-pura masih berpuasa. Hanya diri sendiri dan Allah yang tahu. Kita sendiri berdisiplin dan merasa ada yang mengawasi yaitu Allah.

Pengawasan yang dibungkus agama ini adalah yang paling ampuh. Indeks pendidikan di Indonesia boleh meningkat. Indeks kemakmuran mengalami kemajuan. Tapi indeks persepsi korupsi di Indonesia ini masih tinggi. Kita berprestasi tinggi, tapi di bidang yang tidak baik.

Saat puasa, pahala sengaja di obral. Dijual murah. Pahala satu ibadah di lipatkan sampai berpuluh kali lipat, karena Allah sedang melaksanakan training kepada umatnya. Training harian adalah 5 kali shalat wajib. Training mingguan adalah ibadah shalat Jum’at.

 

Dan, puasa adalah training tahunan. Mobil saja perlu di overhaul, apalagi manusia. Setelah menyelesaikan training ini, diharapkan sekalipun pahala sudah tidak lagi diobral, namun kita menjadi terbiasa menahan diri tanpa perlu lagi pengawasan.

Pengawasan dari ribuan pengawas atau pengawasan dari , milyaran rupiah alat pengawas ini ternyata tidak efektif. Korupsi bisa lebih cepat diberantas, bila dikembangkan pengawasan langsung dari Allah kepada masing2 pribadi. Bahwa kita diawasi oleh Allah inilah, yang mungkin bisa dikembangkan di negeri, yang angka korupsinya luar biasa tingginya ini. (Salam; Sadhono Hadi; Creator of Fundamen Top40; Visit http://fundamen40.blogspot.com dan http://rumahkudidesa.blogspot.com)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita