Potensi kecil

bunga indahAda dua orang murid yang disebut namanya dalam kisah ini, yakni Filipus dan Andreas. Ketika ditanya :  “Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka dapat makan?”, Filipus menjawab, “Roti seharga 200 dinar tidak cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja.”

 

Jawaban Filipus ini mencerminkan sikapnya yang “membatasi diri” dengan potensi yang ada ketika menghadapi masalah. Sedangkan Andreas, sebagaimana ia pernah membawa Simon, saudaranya, kali ini ia membawa seorang anak yang memiliki lima roti jelai dan dua ikan.

 

Andreas berfungsi sebagai pengantara. Bukankah ini langkah yang tepat? Sebagaimana Filipus, Andreas juga mengecilkan arti potensi yang ada, “Tetapi apa artinya itu untuk orang sebanyak ini?” Walau demikian kita tahu akhir kisah ini, yakni pemberian anak itu, di tangan Tuhan, menjadi berkat bagi lima ribu orang.

 

Bahkan tersisa dua belas bakul. Potensi sekecil apa pun, di tangan Tuhan dapat menjadi berdaya guna besar untuk pekerjaan Tuhan bagi kesejahteraan sesama. Jadi, jangan sekali-kali kita meremehkan potensi seperti itu.

Letakkan di tangan Tuhan. Dia tidak terbatasi oleh jumlah, dan Dia rindu memberkati umat-Nya. Selanjutnya, biarlah mukjizat-Nya terjadi. Dalam tangan Tuhan, hal yang kecil itu bisa jadi besar; sebaliknya, tanpa Tuhan, hal yang besar pun bisa jadi kecil. (Andre Wajudibroto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita