logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Peristiwa Cemara di Leuwinanggung

Merdeka.com – Bagi Iwan Fals, hidup sejatinya pelaksanaan kata2. Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto ini memaknai perjalanan hidup seperti kisah2 teladan nabi. Sebagai orang tersohor, kehidupan di kediaman Iwan Fals tak terbatas dengan tembok.

Rumah Iwan Fals di Desa Leuwinanggung No.19 RT.01/ RW.02, Cimanggis, Depok terbuka bagi siapa saja yang mau datang. Dia tak pernah melewatkan datang melawat atau rapat di lingkungan RT. Iwan Fals  aktif dalam lingkungan. “Kalau enggak sibuk, kadang main catur. Pemilu nyoblos bareng2 dsb” ujar Iwan.

Jika tak sibuk Iwan kerap mengundang anak2 sekitar untuk latihan karate. “Kalau saya enggak sibuk suka latihan karate bersama,” tutur Iwan Fals. Kehidupan harmoni tercermin dalam keseharian keluarga kecil Iwan Fals. Pada keluarga Iwan berpesan agar tak merugikan orang lain. Iwan Fals mengaku jika perjalanan keluarganya juga di bumbui pertengkaran. Itu merupakan proses menjadikan keluarga  utuh.

Bagi Iwan, dikritik anak2nya wajar. Dia tak pernah marah jika dikritik kalau dianggap salah. “Saya  tidak takut di kritik anak dan saya enggak takut mengkritik anak. Kemarin saya ngobrol sama anak saya, pas lagi di meja makan. Pas lagi enak,” ujarnya.

Contohnya dia cerita soal anaknya, Raya Rambu Rabbani yang beranjak dewasa. Sambil berbincang di meja makan, Iwan membuka obrolan dengan anak bungsunya (12) itu. Iwan menganggap anaknya kini mulai dewasa, dan penyanyi ‘Bento’ itu kini berusia 54 tahun. Sebagai ortu, Iwan Fals ingin anaknya tumbuh dengan kesiapan. Tujuannya tak lain menuntaskan tanggung jawabnya.

“Raya itu jadi orang harus kuatin fisik kamu. Kuatin hatimu dengan agama dan kesenian. Fisik dengan OR. Terus isi otak dengan sekolah,” ujar Iwan. “Kalau kamu kuat hatimu, otakmu dan fisikmu, aku lega sebagai ortu dan selesai tanggung jawab saya,” Raya mengangguk tanpa debat. “Itu pesan-pesan saya,” kata Iwan Fals. [war; http://www.merdeka.com/peristiwa/cemara-di-desa-leuwinanggung-merdeka-coverstory.html]-FatchurR

————-

Selanjutnya ikuti terus sharing pengetahuan lainnya :

  1. Siapakah isteri
  2. Tipe Persahabatan
  3. Ada Milyarder Rela Menyumbangkan 99% Kekayaan
  4. Hadza Sayamurru
  5. Modus Penipuan Salah Transfer BCA
  6. Lebih senang cacat

————–

 

Siapakah isteri

Orang selalu berkata, “ada bekas istri/suami, tapi tak ada bekas anak atau bekas ortu”.
* Seorang Profesor melakukan Riset Kecil pada mahasiswa2nya yang sudah berkeluarga. Dia minta 1 orang mahasiswa untuk maju ke depan papan tulis. Professor: “Tuliskan 10 nama orang terdekat denganmu.” Mahasiswa itu menulis 10 nama, ada nama tetangga, orgtua, teman kerja, istri, anaknya, saudara.
* Profesor: “Sekarang pilih 7 diantara 10 nama tsb yang kamu ingin hidup terus bersamanya.” Mahasiswa itu lalu mencoret 3 nama. * Profesor: “Coret 2 nama lagi.” Tinggalah 5 nama tersisa .
Profesor: “Coret lagi 2 nama.”

Tersisalah 3 nama yaitu nama ibu, istri & anak.

Suasana hening. Mereka mengira selesai & tak ada lagi yang harus dipilih. * Tiba2 Profesor itu berkata: “Silahkan Coret 1 nama lagi!” Mahasiswa itu tertegun untuk sementara waktu .Lalu ia dengan perlahan mengambil pilihan yang amat sulit itu dan mencoret nama ibunya.

* Profesor: “Coret 1 nama lagi!” Hati mahasiswa bingung. Suasana makin tegang. Mereka berpikir keras mencari pilihan terbaik.

 

Mahasiswa itu mencoret nama anaknya . Pada saat itu mahasiswa tak kuat membendung air matanya, ia menangis. Awan Kesedihan meliputi seluruh sudut ruang kuliah. Setelah tenang, Professor bertanya : “Kamu tidak pilih ortumu, tidak pilih anakmu; kenapa kau pilih istri? Toh istri bisa dicari lagi?”
Mahasiswa berkata lirih: “Seiring waktu, ortu harus pergi & meninggalkan saya. Anak2 jika dewasa lalu menikah. Artinya dia pasti meninggalkan saya. Yang benar2 bisa menemani dalam hidup ini, yang dengan sabar dan setia mendampingi dan mensupport saya saat tertatih dan terseok2 menghadapi himpitan kehidupan untuk meraih karir hanyalah ISTRI saya”.

 

Setelah nenarik nafas panjang  dia melanjutkan, “Orangtua & anak bukanlah saya yang memilih, tapi
Tuhan yang menganugerahkan. Sedangkan isteri? Saya sendirilah yan memilihnya dari sekian milyar wanita yang ada di dunia”.  (Hari Puspo-A69; dari grup WA sebelah)

————

 

Tipe Persahabatan
Berikut adalah kata² yg sgt memotivasi. Org bisa bertemu. Semua karena jodoh. Org bisa berteman. Semua karena ketulusan. Mengingat seseorang itu menyenangkan. Diingat seseorang itu bahagia. Seumur hidup hrs ada 6 jenis teman:

1.Bertemanlah dgn teman yg perihatin. Ketika Kamu susah. Ia bisa menasehati dan membantu mu.
2.Bertemanlah dgn yg penuh energi. Waktu kau gagal menghadapi masalah. Ia mendampingi kamu. Memberi kamu semangat.
3.Bertemanlah dgn yg menuntun jalan. Sukarela jadi peneliti jalan. Membawa kamu lewati jalan kubangan lumpur. Membuka jalan sesat.

4.Bertemanlah dgn yg mau memberi petunjuk. Selalu mengingatkan. Perhatiin kamu. Selalu mengkoreksi kamu. Agar kamu tahu keadaan sendiri dan hal2 yg tidak baik.
5.Bertemanlah dgn yg selalu ingin berargumentasi dgn kamu. Selalu menjadikan kamu org yg pertama yang di sodorkan. (ide-idenya)

6.Bertemanlah dgn yg tak pernah meninggalkanmu. Di BBM selalu mengirim motivasi, berita, lelucon. Kata² mutiara. Teman yg terus mengirimimu. Sebab dia memandangmu teman penting di dalam hatinya.
Kekayaan bukanlah teman yang ABADI. Teman adalah kekayaan yang ABADI.

Ini adalah filsafat dari Timur dalam mencari teman. Teman adalah sebuah kekayaan yg luar biasa. Sebuah hadiah dari Tuhan. “Walking with a friend in the dark is better than walking alone in the light.” (Lisa Dwiana; dari grup WA sebelah)

————

 

Ada Milyarder Rela Menyumbangkan 99% Kekayaan
Pendiri FB pernah mendonasikan kekayaannya memerangi penyakit Ebola US$ 25 Juta (Rp.300 Milyar).
Tapi bos FB itu kalah jauh dengan pengusaha terkaya dunia berikut ini.

Carlos Slim Helu, pengusaha Telecom Meksiko, duda dengan 6 anak, ini berkomitmen heroik,  berencana menyumbangkan 90% kekayaannya dari US.$.67 Milyar untuk kemanusiaan. Uang itu setara Rp.700 triliun. (cukup untuk membangun 1.000 sekolah dan beli 10.000 ton batu akik)

Milyarder lain yang rajin bersedekah, Ingvar Kampard, pendiri gerai furniture ikonik : IKEA, dengan kekayaan US$.33 milyar. Pengusaha asal Swedia punya 4 anak ini heroik. Ia akan menyumbang 80% hartanya untuk kemanusiaan (Rp.300 trilliun lebih). Kalau dibelikan es cendol, Jakarta bisa tenggelam)

Bill Gates, pendiri Microsoft kekayaannya YS$.59 milyar. Ikon teknologi digital ini mensedekahkan 60% dari kekayaannya untuk kemanusiaan, melalui Yayasan Bill and Melinda Gates (yayasan terbesar di dunia) dan banyak membantu dunia kesehatan dan pendidikan.

Yang fenomenal : Warren Buffet. Kekayaannya lebih dari US$.52 milyar. (Rp.675 triliun). Dan Pakde Warren Buffet berkomitmen memberi 99% kekayaannya untuk amal kemanusiaan.

Just incredible. Apakah mereka gila dan bodoh?
Mereka pintar, buktinya jadi orang terkaya di dunia. Tapi yang menyebut mereka gila bisa dibilang akalnya belum masuk. “Bukannya tidak masuk akal tapi akalnya belum masuk”, begitu kata orang. Lalu apa alasan mengapa Milyarder Dunia menyumbangkan hartanya lebih dari setengah kekayaannya?

Aktor legendaris Jackie Chan lahir dari keluarga miskin-susah. Dia hampir diadopsikan pada orang lain karena ortunya tidak sanggup bayar persalinannya di RS. Ada kejadian terngiang di kepalanya. Suatu ketika ada Palang Merah mendatangi sekolahnya membagikan susu, sikat gigi dan pakaian. Jackie kecil mendapat jaket tua waktu itu dan senang sekali karena tubuhnya menjadi hangat.

Jackie kecil berterima kasih kepada Palang Merah. Petugas Palang Merah itu mengucapkan kurang lebihnya seperti ini: “Jangan berterima kepada kami. Jika adik mau benar2 berterima kasih, adik bisa membantu orang lain di masa mendatang” Kalimat itu yang layak di-stabilo. Itulah alasan pertama yang mungkin layak kita kenang.

Balaslah kebaikan budi seseorang (orang tua, teman, kerabat atau rekan kerja) dengan kebaikan kita pada orang lain yang butuh. Teruskan kebaikan yang pernah kita terima, ke orang lain yang butuh. Salah satu cara terbaik untuk membalas adalah membagikan kebaikan dan kekayaan ke orang lain yang lebih membutuhkan.

Alasan kedua mungkin juga layak dikenang.
Ini jawaban dari Jackie Chan: “Jika anak saya mampu, dia bisa menghasilkan uang sendiri. Jika tidak, maka ia hanya akan membuang-buang hartaku” Apa maksudnya? Orang terkaya di dunia yang menyumbang hampir seluruh kekayaan itu juga memiliki anak. Tapi kenapa mereka tidak meninggalkan  banyak harta kepada keluarga dan anaknya, bahkan menyumbang seluruh hartanya seperti Jackie Chan?
Jawabannya ini : kenyaman mematikan daya kreatif manusia dn daya juang manusia.

Zona nyaman membuat orang jadi pemalas. Milyarder dunia tidak mau membuat anak-anaknya menjadi pemalas dan daya juangnya lemah, sehingga daya kreatifnya juga ikut melemah. Seperti kata Jackie Chan: “setiap orang itu mampu. Hanya ada yg malas saja. (Sidharta-A61; kontribusi dari guest blogger bernama Bayu Win)
————-

 

Hadza Sayamurru
Pada suatu hari, seseorang minta tukang emas yang tua renta membuat cincin dan menuliskan sesuatu di dalamnya. Ia berpesan, “Tuliskan sesuatu yang bisa di simpulkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu supaya bisa menjadi pelajaran bagi hidupku” Setelah jadi, pemesan mengambil emasnya dan ia baca tulisan kecil di cincin itu. “Hadza Sayamurr (هزا سيمر) –Ini akan Berlalu–”

Awalnya ia tidak paham tulisan itu sampai suatu ketika, menghadapi hidup pelik, tak sengaja ia baca tulisan di cincin itu “INI AKAN BERLALU”, lalu ia jadi lebih tenang. Tatkala ia ber-senang2, ia pun tak sengaja baca tulisan di cincin itu “INI AKAN BERLALU”, lantas ia rendah hati kembali. Ketika kita punya masalah besar atau sedang dalam kondisi terlalu gembira, ingatlah kalimat “INI AKAN BERLALU”

Akhirnya ia sadar, Tidak ada satupun di dunia ini yang abadi. Jadi, ketika kita punya masalah, jalanilah dan janganlah terlalu bersedih. Demikian juga tatkala kita sedang senang, nikmati dan syukuri. Ingatlah, apapun yang kita hadapi saat ini, semuanya akan berlalu. Untuk itu:

Tetaplah SEJUK di tempat yang Panas.
Tetaplah MANIS di tempat yang begitu Pahit.
Tetaplah merasa KECIL meskipun telah menjadi Besar.
Tetaplah TENANG di tengah Badai yang paling Hebat. (Lisa Dwiana; dari grup WA sebelah)

————

 

Modus Penipuan Salah Transfer di Bank
Pada hari jumat, 9/5/14 jam 13.00 ada telepon dari HP yang mengaku bernama Bambang Mariadi di Medan. Dengan mengiba, dia mengaku salah transfer ke rekening BCA saya 5 juta. Dia mohon segera transfer balik ke rekening BCAnya dengan alasan penting untuk pengobatan bapaknya yang sakit keras. Sebagai tanda terima kasih, uang itu bisa dikurangi 200 ribu rupiah untuk saya.

Tidak lama dia kirim SMS berisi nomor BCA an Bambang Mariadi. Saya tidak mau transfer karena harus dibuktikan dulu. Saya cek rekening BCA via Internet Banking. Ternyata di Mutasi Rekening ada uang masuk 5 Juta dari Bambang Mariadi. Terlihat juga di mutasi ini uang saya bertambah 5 juta. Saya kaget (dan senang) karena ada uang nyasar masuk ke rekening saya.

Pengecekan via Internet banking & ATM
Tapi jika diteliti di Internet Banking rekening menu Informasi Rekening > Informasi Saldo, jumlah tabungan saya tidak berubah alias tidak ada tambahan 5 juta. Berbeda pada menu Informasi Rekening > Mutasi Rekening yang menunjukkan saldo saya bertambah 5 juta. Saya cek juga ATM BCA, hasilnya tidak ada penambahan saldo, sama seperti di menu informasi saldo Internet Banking.

Beberapa kali Bambang Mariadi kirim SMS bertanya sudah ditransfer balik? Saya balas ‘nanti saya cek dulu’. Dia kirim SMS dari no HP berbeda. Saya mulai curiga, modus salah transfer ini adalah penipuan. Saya berniat lapor ke kantor BCA namun tidak bisa karena besoknya hari sabtu dimana bank libur.

Pengecekan di Kantor BCA.
Hari Senin yang saya tunggu-tunggu. Di komputer Customer Service BCA terlihat ada uang masuk 5 juta ke rekening saya namun diblokir oleh Bambang Mariadi. Bank BCA menyatakan hal itu wajar dan BUKAN PENIPUAN, karena Bambang Mariadi telah memenuhi ketentuan pemblokiran transfer. Dari pengalaman di atas, ada beberapa keganjilan dan kecurigaan :

Sistem blokir BCA membuat angka total saldo di menu mutasi rekening dan informasi saldo tidak sama.
Sejak ada pemblokiran transfer, ada pesan ‘gangguan sistem dan dimohon tunggu beberapa saat’ di internet banking BCA.
Pihak salah transfer menjalankan aksinya jumat, supaya tidak bisa cek ke bank esok harinya karena libur.

Pihak salah transfer beralasan yang menyentuh hati seperti mengobati orang tua.
Pihak salah transfer tidak konsisten menelepon dari satu kartu / No HP.
Bisa saja saya berpikir positif / husnudzon, orang tersebut salah kirim.
Namun kemungkinannya kecil karena nama tujuan (Hendi dan Roni) berbeda. Dan untuk bisa transfer selalu ada konfirmasi berlapis untuk proteksi.

Kesimpulan:
Pelaku memang transfer 5 juta rupiah ke rekening BCA saya, namun diblokir saat itu sebelum kantor BCA tutup. Saya duga dia telah menyiapkan persyaratan pemblokiran agar uang bisa kembali utuh.
Dengan bermodal pulsa telepon & sms, jika berhasil dia bisa menerima transfer 5 juta dari saya. Dan jika saya transfer akan sulit memblokirnya karena waktu sudah lewat jam kerja dan bank sudah tutup. (Lisa Dwiana by Alfie Alfredo; http://keepo.me/kota-kita-channel/issues/warning-modus-penipuan-salah-transfer-bca)

————

 

Lebih senang cacat
Seseorang berkomentar tentang Fanny Crosby, penulis ribuan himne yang buta sejak usia 6 minggu. Ia menyayangkan Sang Pencipta yang tidak mengaruniakan penglihatan kepada Fanny, padahal Dia melimpahkan sedemikian banyak karunia lain kepada Fanny. Maklum, bakat Fanny begitu menonjol. Ia mampu menulis syair sejak usia 8 tahun.
Bagaimana tanggapan Fanny? “Apakah engkau tahu bahwa jika saya mampu membuat sebuah petisi ketika saya lahir, maka saya ingin dilahirkan buta? Sebab bila saya tiba di surga, maka wajah yang pertama kali akan saya lihat adalah Tuhan saya, ” ujarnya. Sungguh mencengangkan!

Kita tidak suka hidup dalam kelemahan dan penderitaan. Namun, bila Tuhan mengizinkan hal itu terjadi, kiranya kita dapat belajar untuk makin bersandar pada kuasa Tuhan. Dengan demikian, kita dapat
memuliakan Tuhan melalui karya kita, sekalipun dalam keterbatasan. (Andre W-A68)

—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita