logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Ortu yang mengandalkan Gadget untuk ngasuh anak

anak main gadgetKOMPAS.com – Zaman sekarang, segala aktivitas pasti berhubungan dengan gadget (perangkat elektronik canggih).

Tak terkecuali, mainan anak-anak Anda. Bahkan, di usia yang relatif masih balita, anak-anak sekarang ini sudah mengenal gadget. Kenapa sih orangtua sekarang ini begitu enteng memberikan gadget untuk anak-anak mereka?

 

Lebih dari setengah orangtua di Amerika Serikat mengakui, mereka menggunakan gadget seperti komputer tablet dan laptop untuk “mengasuh” anak ketika mereka sedang sibuk bekerja.

 

Berdasarkan studi dari situs diskon CouponCodes4u yang melibatkan 2.403 responden orangtua di Amerika, 27 persen orangtua mengatakan bahwa anak mereka bermain gadget seperti tablet dan smartphone setiap hari 22 persen mengaku anak mereka menggunakan gadget hanya pada akhir minggu, dan hanya 19 persen yang mengatakan anak mereka jarang memakai gadget.

 

Hanya 18 persen dari orangtua yang mengatakan mereka jarang mengizinkan anak mereka bermain dengan gadget, dan 15 persen mengakui tidak pernah mengizinkan anak menyentuh gadget.

Rata-rata, orangtua memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dengan gadget setidaknya dua kali seminggu.

 

Mayoritas orangtua (45 persen) menggunakan gadget sebagai pengasuh anak mereka, dan 23 persen mengizinkan anak bermain gadget karena mereka ingin mempunyai “me time”, sementara 13 persen orangtua sengaja memberikan anak mereka gadget agar anak anteng dan tidak rewel.

 

“Apalagi saat sedang melakukan rekreasi bersama, orangtua memberikan gadget pada anak mereka, seperti tablet atau smartphone untuk menghibur hati anak,” jelas Mark Pearson, pemimpin CouonCodes4u.com.

 

Tujuh belas persen orangtua mengaku sering memberi gadget ke anak jika anak merasa bosan, dan sembilan persen mengaku memanfaatkan gadget untuk berkomunikasi dalam keluarga. Orangtua yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah menggunakan gadget untuk mengasuh anak, lebih memilih menghabiskan waktu sebisa mungkin bersama anak mereka tanpa melibatkan teknologi sebagai sarana hiburan bersama.

 

“Sepertinya sudah biasa bagi kebanyakan orangtua untuk membiarkan anak-anak mereka bermain dengan perangkat teknologi mereka. Saya cukup terkejut melihat betapa banyak orangtua menggunakan iPhone dan iPad sebagai alat pengasuh anak mereka,” ujar Mark.

 

Menurut Mark, meskipun mengenalkan teknologi pada anak merupakan ide bagus, namun tidak ada yang bisa menggantikan interaksi sesama individu, terutama interaksi bersama anak. (K. Wahyu Utami; Felicitas Harmandini; Dailymail dan http://female.kompas.com/read/2013/06/29/1703028/Banyak.Orangtua.Andalkan.Gadget.untuk.Mengasuh.Anak)-Aguk

One Response to Ortu yang mengandalkan Gadget untuk ngasuh anak

  • GoHwieKhing King Gaudi says:

    Tiada lain yang ingin saya sampaikan atas keadaan yang merusak masa depan anak oleh orang tua yang menyediakan gadget tanpa mampu mau mengontrol pemakaiannya oleh anak, adalah:
    ” Waktu membawa perubahan. ILmu Pengetahuan dan teknologi membawa kemajuan tetapi manusia tetap tidak berubah wataknya. Menghadapi godaan yang merusak ini watak kemalasan berpikir kritis yang mengambil keputusan ”

    ROBERT PUTNAM menuklis buku Our Kid yang membahas masa depan suran anak anak yang disebabkan oleh keadaan mengerikan masa depan kanak kanak yang dikelola dengan gadget ini.
    Bacalah sendiri kalau Anda menaruh perhatian akan masa depan anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita