logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Motivasi Inspirasi(4): Kentang-Biji Kopi dan Telur

kentang telur dan biji kopi (woazy.com)-Suatu hari, seorang anak perempuan mengeluh ke ayahnya bahwa hidupnya sengsara dan tidak tahu bagaimana dia akan berhasil. Dia lelah berjuang sepanjang waktu.Tampaknya hanya salah satu dari masalah yang dapat ia selesaikan, masalah lain menyusul untuk dapat diselesaikan.

 

Ayahnya yang seorang koki membawanya ke dapur. Ia isi tiga panci dengan air dan menaruhnya di atas api besar. Setelah tiga panci itu mulai mendidih, ia memasukkan beberapa kentang ke sebuah panci, beberapa telur di panci kedua, dan beberapa biji kopi di panci ketiga.

 

Kemudian ia duduk dan membiarkan ketiga panci itu di atas kompor agar mendidih, tanpa mengucapkan sepatah katapun kepada putrinya. Putrinya mengeluh dan tidak sabar menunggu, ber-tanya2 apa yang telah ayahnya lakukan.

 

Setelah 20 menit, ia matikan kompor itu. Ia ambil kentang dari panci dan menempatkannya ke dalam mangkuk. Ia angkat telur dan meletakkannya di mangkuk. Ia menyendok kopi dan meletakkannya ke dalam cangkir. Lalu ia beralih menatap putrinya dan bertanya, “Nak, apa yang kamu lihat?”

 

“Kentang, telur, dan kopi,” putrinya buru2 menjawabnya.

“Lihatlah lebih dekat, dan sentuh kentang ini”, kata ayah. Putrinya melakukan yang diminta ayahnya dan mencatat di otaknya bahwa kentang itu lembut. Sang ayah memintanya ambil telur dan memecahkan. Setelah membuang kulitnya, ia mendapatkan telur rebus. Sang ayah juga minta mencicipi kopi. Aroma kopi yang kaya membuatnya tersenyum.

 

“Ayah, apa artinya semua ini?” Tanyanya.

Sang ayah menjelaskan kentang, telur dan biji kopi masing2 menghadapi kesulitan yang sama, yaitu air mendidih. Namun, masing2 menunjukkan reaksi berbeda. Kentang itu kuat dan keras. Namun ketika dimasukkan ke dalam air mendidih, ketang itu jadi lunak dan lemah.

 

Telur yang rapuh, dengan kulit luar tipis melindungi bagian dalam telur yang cair sampai dimasukkan ke dalam air mendidih. Sampai akhirnya bagian dalam telur menjadi keras. Biji kopi tanah yang paling unik. Setelah biji kopi terkena air mendidih, biji kopi mengubah air dan menciptakan sesuatu yang baru.

“Kamu termasuk yang mana, nak?” tanya sang ayah kepada putrinya.

 

“Ketika kesulitan mendatangimu, bagaimana caramu dalam menghadapinya? Apakah kamu adalah sebuah kentang, telur, atau biji kopi?”

 

Pesan Moral : Dalam hidup ini, Banyak hal terjadi pada diri kita. Tetapi satu2nya hal yang benar2 penting adalah apa yang terjadi di dalam diri kita. Jadi, manakah diri anda? Apakah anda kentang, telur, atau biji kopi? (Bahan dari :  https://woazy.com/2018/06/03/10-cerita-motivasi-inspirasi-cerita-bijak-pendek-pemberi-semangat/)-FatchurR * Bersambung………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita