Mendengar orang lain

Mendengar orang lainTidak ada seorang pun yang mau disalah pahami. Namun, yang kerap terjadi adalah bahwa kitalah yang sering salah paham terhadap orang lain. Salah paham mengandung pengertian dan persepsi yang salah tentang orang lain, suatu kondisi, atau suatu hal. Salah paham menimbulkan prasangka yang salah.

 

Bila salah paham dibiarkan / tidak dikonfirmasikan pada yang bersangkutan, maka hal itu membuat nama seseorang tercemar atau bisa membuat masalah tidak terselesaikan dengan baik dan benar. Harus diakui kita sering salah paham terhadap maksud baik orang lain, hanya karena kita mendengarkan informasi yang sepotong.

Hukum alam juga berlaku dalam hidup manusia. Apa yang kita tabur, itu juga lah yang akan kita tuai. Seorang petani yang menabur jagung, tidak akan menuai semangka. Jika kita sering salah paham terhadap orang lain, maka kita pun akan mendapat balasannya.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya salah paham, ada baiknya kita belajar sabar, netral (tidak cepat menyimpulkan/ menghakimi), dan mendengarkan. Mendengarkan sebenarnya merupakan komunikasi yang lebih efektif dari pada berbicara.

 

Banyak orang mampu berbicara baik, namun sedikit yang mampu dan mau mendengarkan orang lain. Mendengar penjelasan / sudut pandang orang lain menuntut kesabaran tinggi. Yang mampu mendengar orang lain adalah orang yang berbahagia, karena dia pasti memperoleh upahnya, yaitu penghargaan.
(Pak Oto)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita