ratusan bunga mekar bersama

Komunikasi Keluarga Itu Bentuk Karakter Anak(republika.co.id)-JAKARTA; Akademisi dari Unsud Purwokerto, Wisnu Widjanarko mengingatkan pentingnya komunikasi keluarga dalam membentuk karakter seorang anak.

 

“Komunikasi yang baik antar anggota keluarga, menciptakan iklim rumah tangga yang positif sehingga anak nyaman dan betah di rumah,” katanya di Purwokerto, (28/9). Komunikasi yang kurang intensif rentan menyebabkan disfungsi komunikasi, antara ibu dan ayah atau  antara orang tua dengan anak.

 

“Disfungsi komunikasi menjadikan kualitas rumah tangga menjadi rentan, sehingga kondisi rumah tangga menjadi kurang harmonis, iklim di rumah menjadi tidak nyaman, kebersamaan menjadi sesuatu yang sulit terjadi, dan anak bisa merasa tidak happydi rumah,” katanya.

 

Karena itu, kata dia, komunikasi keluarga menjadi penting, misalnya mau saling mendengar, saling memahami sudut pandang masing-masing dan mau menerima perbedaan.

 

“Membangun komunikasi keluarga terlihat sederhana tapi tidak semudah membalik telapak tangan, harus menjadi pendengar yang baik dan saling memahami dan mengayomi,” katanya.

 

Ia menambahkan, membangun komunikasi keluarga, orang tua harus memahami psikologis anak, tidak memaksakan kehendak tapi memberikan ruang dialog sehingga tercipta komunikasi yang mengayomi. Namun agar komunikasi orang tua dan anak efektif maka harus terlebih dahulu memberikan contoh.

 

“Orang tua harus jadi teladan dengan memberi contoh. Sulit mengajak berkomunikasi yang baik, jika diri sendiri tidak melakuannya, sehingga jangan jadikan anak sebagai korban keegoisan orang tua,” katanya.

 

Dia juga mengatakan keluarga dengan intensitas komunikasi yang baik akan berpengaruh signifikan pada tumbuh kembang anak. “Anak akan tumbuh dan berkembang dengan bahagia, berkarakter baik, dan berani mengungkapkan pendapat serta mau mendengar dan penuh empati,” katanya

 

(Agung Sasongko;  Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/pyjbmt313/komunikasi-keluarga-bentuk-karakter-anak)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar