Kepribadian terganggu

gangguan kepribadianApa itu Gangguan Kepribadian?, Gangguan kepribadian merupakan gangguan berat pada karakter dan kecenderungan perilaku pada individu. Gangguan itu melibatkan bebrapa bidang kepribadian dan berhubungan dengan kekacauan pribadi dan sosial.

 

Gangguan itu dapat disebabkan faktor hereditas dan pengalaman hidup masa kanak-kanak. Diagnosa terjadinya gangguan kepribadian pada seseorang yang didasarkan pada bentuk perilaku, mood, sosial interaksi, impulsif, dapat menjadi hal yang merugikan bagi yang bersangkutan.

 

Kemunculan gangguan ini berawal dari kemunculan distress berkelanjutan pada penekanan perasaan dan perilaku tertentu seperti orang mengalami distress umumnya. Menurut buku Pedoman Penggolongan Diagnosa Gangguan Jiwa Indonesia (PPDGJ) dan DSM-IV, gambaran klinis gangguan kepribadian dibagi dalam 13 kategori, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Gangguan Kepribadian Psikopatik, yang merupakan pola gangguan kepribadian yang didominasi ketidakpedulian dan pelanggaran terhadap tata tertib, norma, etika dan hukum yang berlaku.
  2. Gangguan Kepribadian Paranoid, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh ketidak percayaan dan kecurigaan terhadap oranglain disertai rasa dengki.
  3. Gangguan kepribadian Skizoid, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh pemisahan diri dari pergaulan sosial dan menyempitnya ekspresi emosional (dingin).

 

  1. Gangguan Kepribadian Skizotipal, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh rasa tidak nyaman dalam hubungan dengan oranglain, penyimpangan pola pikir atau persepsi dan perilaku yang aneh.
  2. Gangguan Kepribadian Ambang, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh ketidak stabilan dalam hubungan pergaulan sosial, citra diri, alam perasaan dan tindakan yang tiada terduga serta menyolok.

 

  1. Gangguan Kepribadian Histerik, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh emosi yang berlebihan dan mecari perhatian.
  2. Gangguan Kepribadian Narsistik, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh perasaan dirinya hebat, senang dipuji dan dikagumi serta tidak rasa empati (tidak punya perasaan).

 

  1. Gangguan Kepribadian Menghindar, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh hambatan sosial, perasaan tidak percaya diri, dan sangat sensitif terhadap hal-hal yang negatif.
  2. Gangguan Kepribadian Astenik, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh ketidakmampuan untuk berdiri sendiri, ketergantungan terhadap orang lain dan keinginan untuk selalu dilayani.

 

  1. Gangguan Kepribadian Anankastik, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh pikiran-pikiran yang terpaku terhadap kebiasaan sehari-hari, kontrol diri yang kuat dan serba ingin sempurna.
  2. Gangguan Kepribadian Siklotimik, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh gangguan alam perasaan yang ditandai oleh gejala gembira berlebihan dan sedih berlebihan.

 

  1. Gangguan Kepribadian Eksplosif, adalah pola kepribadian yang didominasi oleh hilangnya pengendalian emosi yang mengakibatkan tindakan kekerasan dan kekuasaan dan kerusakan harta benda.
  2. Gangguan Kepribadian Pasif- Agresif, adalah pola kepribadian yang diodominasi oleh perilaku yang tidak wajar terhadap pekerjaan maupun pergaulan sosial, misalnya berlambat-lambat, mengukur waktu dengan alasan lupa.

 

Hayo… Apakah anda termasuk salah satu diantaranya? (Ghina Elzanadia Nisrina ; http://m.kompasiana.com/post/read/710985/1/gangguan-kepribadian.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita