Kejujuran selalu dihargai

jujurIntisari-Online.com-Sam pria serakah dan egois. Ia selalu ingin lebih banyak uang dan tak ragu menipu demi uang. Ia tidak pernah berbagi dengan orang lain. Ia ingin memiliki segalanya untuk dirinya. Pria egois itu selalu menghitung sekecil apapun. Ia bayar sedikit upah ke pekerjanya.

 

Dia berhemat dengan menipu orang lain. Ia banyak berbohong untuk melindungi kekayaannya. Kali ini, ia dapat pelajaran bagus dari lakunya. Suatu hari, ia kehilangan tas kecil, isi 50 koin emas. Ia cari tas koin emas itu, siang-malam. Ia kirim pembantu2nya cari tas itu, tapi tidak ditemukan.

 

Ia katakan ke teman2 dan tetangganya ia kehilangan dan minta mereka memberitahu, jika mereka temukan. Sam sedih kehilangan banyak koinnya. Suatu hari, seorang gadis (10), tetangga Sam, mengatakan ke ayahnya ia temukan tas berisi 50 koin emas. Ayahnya kerja di tempat Sam mengatakan ke putrinya, tas itu milik tuannya dan akan mengembalikan tas itu.

 

Mereka tidak kaya, ayahnya bisa saja ambil koin emas dan menyembunyikannya. Ayahnya jujur dan merasa harus mengembalikannya. Maka ayah gadis itu mengembalikan tas itu ke tuannya, Sam, dan memintanya memeriksa isinya. Sam senang dapat koin itu kembali, dan berpikir licik.

 

Ia bilang “Ada 75 koin emas dan Anda berikan 50. Di mana koin lain, Anda mencurinya?”. Pekerjanya itu terkejut, dan mohon ke tuannya bahwa itu yang ditemukan putrinya. Karena egois-serakah, Sam tidak mau menerima cerita pekerjanya itu, dan lapor ke pengadilan. Hakim mendengar dari kedua saksi.

 

Ia tanya ke pekerja dan putrinya itu jumlah uang yang ditemukan. Mereka yakin hanya 50. Hakim memeriksa silang ke Sam, dan dijawab, “Ya, Tuan, saya punya 75 koin emas di tas, dia serahkan 50. Jelas ia curi 25 koin emas saya”. Hakim tanya, “Apakah Anda yakin tas Anda berisi 75 koin emas?”

Sam mengiyakan.

 

Hakim : “Sam kehilangan tas berisi 75 koin emas dan tas ditemukan hanya 50 koin emas. Jelas, tas itu bukan milik Sam, dan tas itu milik orang lain yang hilang. “Jika ketemu tas isi 75 koin emas, berarti itu miliki Sam. Karena tidak ada yang kehilangan 50 koin, saya perintahkan ke gadis kecil dan ayahnya ambil 50 koin itu sebagai apresiasi atas kejujurannya”

 

Ya, kejujuran selalu dihargai dan keserakahan dapat hukuman. (K. Tatik Wardayati)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://intisari.grid.id/Inspiration/Tell-Your-Story/Saat-Kejujuran-Selalu-Dihargai-Keserakahan-Akan-Selalu-Mendapatkan-Hukuman)-FatchurR

3 Responses to Kejujuran selalu dihargai

  • Harry Reksosamudra A61 says:

    Wow hakim yg bijaksana dan keputusannya benar sesuai dg pengakuan msg2, Sam diganjar menunggu sp ada yg temukan dompet berisi 75 koin emas yg entah sp kapan ? Sedang tetangganya penemu yg jujur, mendapat hadiah 50 koin temuannya

  • Fatkhurr says:

    Menurutku hakimnya telah memvonis dengan tepat

  • Harry Reksosamudra A61 says:

    Hakim sbg wali Allah dibumi dan bertanggung jawab lgs kpdNYA, tp anehnya yg terima sogokan ato memutus tdk bijak, malah kian kaya & hidup makmur sp 7 turunan ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita