Jangan Buru Buru Berburuk Sangka

 

(pilarbangsanews.com)-Dalam hidup ini kita sering menilai sesuatu dari luar, tanpa tahu yang terjadi. Akibatnya kita sering salah menilai akibat buruk sangka itu. Alkisah, sejoli suami isteri tergesa² ke sebuah Helikopter di Puncak Gedung Hotel untuk menyelamatkan diri saat ada kebakaran.

 

Tapi saat sampai di atas, mereka sadar hanya ada satu tempat yg tersisa. Segera sang suami melompat mendahului istrinya utk mendapat tempat itu, sang istri hanya bisa menatap kepadanya sambil meneriakkan kalimat sebelum Helikopter menjauh. Berikutnya, Api itu makin besar dan menghanguskan seluruh nya (termasuk sang ISTRI).

 

DOSEN yg menceritakan kisah ini, mengatakan ke mahasiswanya: Pasti kalian mengatakan laki laki itu lelaki jahanam, karena telah tega meninggalkan istrinya seorang diri dalam kondisi begitu. “Menurut kalian, apa yg sang istri itu teriakkan?”

 

Sebagian besar mahasiswa-mahasiswi itu menjawab :
– Kamu Jahat,
– Aku benci kamu,
– Suami kurang ajar,
– Kamu egois,
– Laki-laki nggak bertanggung jawab,
– Dasar nggak tau malu kamu

 

Tapi ada seorang mahasiswi yg hanya diam, dan Dosen itu meminta mahasiswi yg diam itu menjawab pertanyaan nya.
Mahasiswi itu menjawab : Saya yakin si istri pasti berteriak.. Tolong jaga anak kita baik².

Dosen itu terkejut dan bertanya: “Apakah kamu sudah pernah dengar cerita ini sebelumnya?”

Mahasiswi itu menggeleng,  “Belum, tapi itu yg dikatakan oleh ibu saya sebelum dia meninggal karena penyakit kronis”

 

Dosen itu menatap seluruh kelas dan berkata : “Ya, Itulah Jawaban benar. Hotel itu terbakar habis, dan sang suami harus kembali ke kota kecil nya dengan Air mata berlinang. Dia harus menjemput dan mengasuh serta membesarkan anak2 mereka yg masih TK dan Balita sendirian, dan menyimpan Kisah Tragedi rapat2 tanpa pernah dibahas lagi…”

 

“Dan bertahun2 kemudian, anak2 nya Dewasa. Ada yg menjadi pengusaha, Ada yg menjadi Dokter dan 1 lagi masih bekerja sambil kuliah. Pada suatu hari ketika anak bungsu nya membersihkan kamar sang Ayah, dia temukan buku harian ayahnya.”

 

“Dia temukan kenyataan terjadi kebakaran di hotel waktu itu, mereka sedang melakukan berobat jalan karena sang ibu menderita penyakit kanker ganas dan divonis dokter akan segera meninggal”

 

“Karena itu, di saat darurat kala kebakaran itu, ayahnya mengambil satu²nya kesempatan bertahan hidup supaya bisa membesarkan anak-anaknya. Dan dia menulis semua kejadian itu di buku harian nya.

 

Dia berharap istri tercintalah yg naik ke Helicopter. Tapi demi anak2, dia biarkan istri tertinggal disana dan wafat”. Si anak bungsu menceritakan kepada kedua kakaknya dan bertiga menyusul Ayah di tempat kerjanya. Mereka sujud mencium kaki Ayah bergantian, bersyukur atas perjuangan Ayah membesarkan mereka, walau  harus menyimpan penyesalan dan menanggung beban yg demikian berat.

 

Cerita itu selesai, dan seluruh kelas terdiam. Dosen itu berkata : “Siapakah sang Ayah? Sang Ayah Itu….saat ini berada di hadapan kalian.” Para mahasiswa segera bertepuk tangan, ada yg berlarian memeluk sang Dosen, ada yg terhenyak meneteskan air mata haru.

 

Mereka kini mengerti Hikmah dari cerita itu, bahwa kebaikan dan kejahatan di dunia ini tidak sesederhana yang kita pikirkan. Ada bermacam cerita, komplikasi dan alasan dibalik peristiwa yang kadang sulit dimengerti.

 

Karena itu, jangan pernah melihat hanya dari luarnya saja dan kemudian langsung menghakimi, apalagi tanpa tahu apa². (Bahan  dari :  http://pilarbangsanews.com/2019/05/04/jangan-buru-buru-menghakimi-dan-berburuk-sangka/)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita